This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Ikan Air Laut] Sup Pare Isi Daging Cincang

Sup Pare Isi Daging Cincang
gbne.blogspot.com - Apakah anda pernah menyantap bakso yg terbuat dari urat dan daging sapi yg dicincang kasar dgn tekstur yg empuk dan seperti meleleh di mulut kala dikunyah? Nah bakso urat seperti itulah yg menjadi idaman saya kalahunting mencari warung bakso yg mantap. Sayangnya agak jarang penjual bakso menyediakan bakso urat seperti yg saya inginkan. Nah weekend kemarin saya begitu ingin menyantap seporsi bola-bola daging ni tapi sayangnya hujan deras yg mengguyur Jakarta memangdi luar prediksi, dlm sekejap cuaca yg panas dgn matahari super terik berubah menjadi hujan yg sangat lebat. Keinginan menyantap bakso pun urung dilakukan tapi sebagai gantinya saya pun mencoba resep sup pare isi daging cincang yg kali ni saya posting. Resep ni sudah sangat lama tersimpan di dlm kumpulan resep impian bersama ratusan resep lainnya yg entah kapan akan saya eksekusi. Sepertinya membutuhkan waktu bertahun-tahun untk membuat semua resep tersebut terwujud menjadi makanan dan posting yg nyata. ^_^
Sup Pare Isi Daging CincangSup Pare Isi Daging Cincang
Agar tekstur daging pengisi pare ni menyerupai bakso urat yg saya idamkan maka saya pun mencincang kasar daging sapi, mencampurnya dgn bahan lainnya dan menjejalkannya ke dlm sebuah pare yg telah dibuang bagian dalamnya. Sayangnya hasilnya sama sekali tak mirip dgn bakso urat idaman, daging cincang tak terikat dgn kuat satu dgn lainnya selayaknya bakso yg kompak. Selain itu teksturnya jg tak meleleh di mulut kala dikunyah. Walau rasanya cukup lezat tapi next time jika mencobanya lagi saya akan melakukan beberapa perubahan. Menurut saya proses dasar dlm membuat bakso daging sapi yaitu menggiling daging hingga benar-benar lumat dan pekat tetap harus dilakukan, jadi daging tak sekedar hanya dicincang kasar saja. Sementara bagian urat dan lemak sapi (dalam porsi yg banyak) dicincang kasar dan dicampurkan ke dlm gilingan daging. Mungkin dgn cara ni hasilnya akan mirip seperti bakso urat idaman, walau tentu saja saya tak berani memberikan 100% jaminan uang kembali karena tentu saja harus diuji coba kembali di dapur.

Sup Pare Isi Daging Cincang
Sup Pare Isi Daging Cincang

Satu kekuatan hidangan berkuah seperti bakso / ramen adlh pd kuah kaldunya yg mantap. Beberapa waktu yg lalu saya menonton acara cooking demo Mitzui di Mall Cempaka Mas. Sebenarnya kegiatan ni tak direncanakan sama sekali, waktu itu saya bermaksud membetulkan mata pisau blender yg longgar, tak disangka-sangka di lantai dua toko ternyata sedang berlangsung demo memasak yg menggunakan aneka produk Mitzui. Satu setengah jam duduk manis disana, perut saya pun kenyang mencicipi aneka makanan seperti bakso, bubur daging, batagor dan banyak ragam jus, ditambah lagi saya pun masih menenteng pulang sebuah buku resep kecil yg diambil dari aneka produk Mitzui.

Salah satu masakan yg membuat saya penasaran adlh kuah bakso spesialnya karena terasa gurih dan kaya rempah, berbeda dgn kuah bakso umumnya. Komplain yg saya ajukan karena resep kuah tak diberikan dgn transparan menghasilkan sepanci bakso panas mengepul langsung disodorkan di depan muka saya oleh salah satu staff Mitzui diikuti dgn kata-kata, "Tidak ada yg kita sembunyikan Mbak, semua transparan. Mbak bisa lihat sendiri bumbu-bumbu yg dimasukkan ke kuah kan? Yang paling penting supaya kuahnya lezat adlh menggunakan rebusan tulang sapi untk kaldunya"!Saya pun buru-buru menganggukkan kepala sambil terkaget-kaget sendiri, bagaimana saya bisa tahu bumbunya kalau semuanya sudah dlm bentuk kuah? Anyway busway, saya pun tentu saja mengerti, mereka sedang menjual produk Mitzui dan memperagakan cara penggunaan alat-alat tersebut dan bukan sedang mengadakan acara kursus memasak!

Sup Pare Isi Daging CincangSup Pare Isi Daging Cincang
Agar kuah terasa super duper yummy sebaiknya anda menggunakan kaldu buatan sendiri dgn merebus tulang sapi dan ayam, resep kaldu homemade akan saya posting terpisah. Alasan saya begitu ingin menciptakan kuah dgn rasa yg nendang bukan semata-mata demi sup pare ini, tetapi karena ada satu resep ramen yg ingin saya coba dan menuntut penggunaan kuah kaldu yg mantap. Homemade memang terkadang memerlukan waktu lama untk memebuatnya tapi rasanya sungguh yummy.Sayangnya ramen idaman belum sempat saya eksekusi tapi jangan khawatir kaldu yg susah payah saya buat telah tersimpan aman, membeku di frezer.Dalam waktu dekat saya berharap bisa mem-posting resep ramen yg aduhai.

Wokeh, kembali lagi ke sup pare isi daging cincang ini. Masakan ni sangat mudah dibuat dan tak memerlukan waktu lama, dan jika anda merasa aktifitas mencincang daging adlh pekerjaan yg paling tak mengesankan di dunia, maka anda bisa menggunakan daging giling biasa / haluskan daging menggunakan food processor atau blender.

Berikut resepnya ya.

Sup Pare Isi Daging Cincang
Sup Pare Isi Daging CincangResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 buah pare isi daging panjang sekitar 20 cm

Tertarik dgn resep lainnya? Silahkan cek link di bawah ini:
Tumis Pedas Pare dan Udang
Homemade Kaldu Daging - Sedikit repot, tapi berharga untk dicoba!

Bahan:- 2 buah pare, panjang sekitar 15 - 20 cm

Bahan isi pare: - 250 gram daging sapi dgn sedikit lemak, bisa menggunakan daging ayam- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 2 siung bawang merah, cincang halus
- 1/2 batang daun bawang rajang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan- 1/2 sendok teh garam- 1 butir putih telur
- 1 sendok makan maizena - 1/2 sendok teh baking soda

Bumbu kuah:
- 1 sendok makan margarine untk menumis
- 2 siung bawang putih cincang halus- 2 siung bawang merah, cincang halus
- 5 buah cabai rawit merah, iris tipis- 3 lembar daun jeruk, robek pd bagian batang tengahnya
- 1 ruas jari jahe, pipihkan
- 1 batang serai ambil bagian putihnya, pipihkan
- 700 ml air kaldu- 2 sendok makan kecap ikan/fish sauce- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 batang daun bawang

Pelengkap:
- 2 batang daun bawang, rajang halus
Cara membuat:

Sup Pare Isi Daging Cincang
Siapkan daging sapi, cincang daging di talenan menggunakan pisau tajam hingga tercacah dgn baik. Anda bisa menggunakan daging giling di supermarket, / blender / food processor.Masukkan daging ke dlm mangkuk. Tambahkan semua bahan bumbu isi daging lainnya, aduk rata dan sisihkan.

Sup Pare Isi Daging Cincang
Siapkan pare, biarkan pangkal batang dan sisa batangnya. Potong membujur satu sisi bagian pare dari pangkal ke ujung, hingga dihasilkan irisan memanjang. Menggunakan ibu jari telusuri sisi bagian dlm pare hingga bijinya terlepas. Lebarkan lubang dan korek bagian dlm pare yg berisi bijinya dgn sendok kecil. Buang biji dan bagian dlm pare hingga buah bersih dan terbentuk rongga di dalam.
Taburi bagian dlm pare dgn garam yg agak banyak, diamkan hingga pare mengeluarkan air dan getahnya yg pahit. Cuci pare beberapa kali hingga garam bersih. Sisihkan.

Sup Pare Isi Daging Cincang
Bagi adonan daging menjadi dua porsi yg sama banyaknya. Masukkan satu bagian daging ke dlm buah pare jejalkan hingga penuh dan padat. Lakukan pd sisa adonan dan pare lainnya. Sisihkan.

Membuat kuah:

Sup Pare Isi Daging Cincang
Siapkan panci, beri 1 sendok makan margarine. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan matang. Tambahkan cabai rawit, jahe, daun jeruk dan serai. Tumis sebentar hingga rempah layu. Masukkan 700 ml air kaldu dan rebus hingga mendidih.

Masukkan pare. Rebus hingga pare benar-benar matang dan lunak kala ditusuk dgn garpu. Angkat pare dan tiriskan.

Tambahkan kecap ikan, kaldu bubuk, merica bubuk, garam dan daun bawang ke dlm kuah. Aduk dan cicipi rasa kuah, sesuaikan rasanya. Angkat.

Penyajian:Siapkan talenan, potong-potong pare sepanjang 2 cm, tata di mangkuk, siram dgn kuah sup panas. Taburi daun bawang di atasnya. Santap selagi panas, yummy!

Sup Pare Isi Daging Cincang

other source : http://news.detik.com, http://justtryandtaste.com, http://log.viva.co.id

0 Response to "[Ikan Air Laut] Sup Pare Isi Daging Cincang"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *