This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

DASYATNYA LETUSAN GUNUNG TAMBORA DI INDONESIA

gbne.blogspot.com - Dasyatnya Letusan Gunung Tambora Di Indonesia

DASYATNYA LETUSAN GUNUNG TAMBORA DI INDONESIA
- Gunung Tambora adalah stratovolcano aktif yg terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indomesia. Gunung dgn tinggi 2.851 meter ni pernah meletus dgn maha dasyat pd tahun 1815 masehi dan menjadikan letusan terbesar dlm sejarah dunia setelah letusan Gunung Taupo pd tahun 181 masehi.
Aktivitas vulkanik Gunung Tambora mencapai punyaknya pd bulan April 1815 ketika meletus pd skala 7 pd Volcanic Exsplosivity Index.
Sebelum letusan terjadi Gunung Tambora adalah Gunung tertinggi di Indonesia dan mengeringkan dapur magma besar di dlm gunung ini. (Perlu waktu seabad untuk mengisi kembali dapur magma tersebut). Namun letusan yg luar biasa dasyatnya hampir melenyapkan setengah bobot tubuhnya.
Akibat letusannya tersebut, sekarang terbentuk kaldera abadi dgn luas 7 Km serta jarak antara puncak dgn dasar kawahnya mencapai 800 meter. Total korban jiwa akibat letusan gunung Tambora adalah sekitar 71.000 jiwa.
Letusan Gunung Tambora jg mengakibatkan perubahan iklim di dunia seperti:
1. Semua mahluk hidup yg berada di sekitar pulau mati. Pohon tumbang yg bercampur dgn abu batu apung masuk ke dlm laut dan membentuk rakit dgn jarak lintas melebihi 5 Km. Rakit batu apung lainnya di temukan di Samudra Hindia di dekat Kolkota pd tanggal 1 dan 3 Oktober 1815.
2. Tsunami besar menyerang di beberapa pantai di Indonesia seperti Pantai Besuki, Jawa Timur dan Maluku dgn ketinggian mencapai 4 meter.
3. Lelehan lava panas dgn batu berterbangan ke langit bersama gas mematikan menewaskan sekitar 17.000 jiwa. Berikutnya 400 juta ton gas sulfur menguasai langit setinggi 27 mil ke strastofer, debu tebalnya bahkan telah menyelimuti Pulau Bali dan mematikan vegetasinya.
4. Letusan Gunung Tambora terdengar hingga ke Pulau Sumatera, Sulawesi dan ternate sejauh 2.600 Km
3. Debu vulkaniknya berterbangan ke langit sepanjang daerah dgn radius 600 Km dan di sekitar gunung mengalami gelap gulita selama 2 hari.
4. Abu dan Debunya jg menyebar mengelilingi bumi dan merusak lapisan ozon dan menetap di lapisan trofoster selama beberapa tahun kemudian turun melalui hujan dan ke bumi sehingga menimbulkan hujan tanpa henti selama 1 minggu memicu efidemis tifus yg menewaskan 60.000 jiwa di Inggris.
5. Setahun berikutnya (1816) disebut jg tahun tanpa musim panas karena perubahan cuaca dratis dari Amerika Utara dan Eropa akibat debu yg di hasilkan dari letusan Gunung Tambora. Matahari tenggelam yg berwarna dan senja terlihat di London antara tanggal 28 Juni dan 2 Juli 1815 dan 3 September - 7 Oktober 1815. Pancaran langit senja muncul berwarna orang / merah di dekat ufuk langit.
6. Terjadi gagal panen di China, Eropa dan Irlandia dan kematian ternak di belahan bumi utara yg menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pd abad ke-19.
Untuk saat ni sejak tahun 2004 di sekitar letusan gunung telah diadakan penelitian lebih lanjut oleh para ahli arkeologi. Sampai saat ni tim arkeologi telah berhasil menemukan sisa kebudayaan yg terkubur oleh letusan Gunung Tambora pd tahun 1815 di kedalaman 3 meter pd endapan pirokklastik. Artefak-artefak tersebut di temukan pd posisi sama ketika sebelum terjadi letusan karena ciri-ciri yg serupa inilah temuan tersebut sering di sebut pompeii dari timur.
Sumber: wikipedia
DASYATNYA LETUSAN GUNUNG TAMBORA DI INDONESIA belum tahu kalau Gunung Tambora pernah tercatat sebagai gunung api tertinggi di Indonesia. Dahsyatnya Letusan Gunung Tambora Video Keeper Tercepat salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Setelah letusan, tinggi gunung ini hanya setinggi 2.851 m. Letusan gunung Tambora tahun 1815 mengeluarkan sulfur ke Sebuah berita yang kembali membuat warga Indonesia kembali kuatir akan potensi bencana dikemudian hari. Dunia telah mengingat fakta dari Sejarah Dahsyatnya Letusan

0 Response to "DASYATNYA LETUSAN GUNUNG TAMBORA DI INDONESIA"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *