This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

CARA MEMILIH MOBIL SECOND 97518

Kali ni saya akan memberikan tips yg ampuh untk kawan-kawan yg punya rencana membeli mobil second.
Perlu diingat bahwa membeli mobil bekas sama saja dgn membeli risiko. Karena, kendaraan yg sudah dianggap bagus, begitu pindah tangan banyak yg rusak.
Menjadi lebih jengkel, saat kondisi lalu lintas padat mendadak mesin overheat. Supaya tak kecewa, ketika hendak membeli mobil bisa membawa mekanik.
Paling tak ia mengerti kondisi mesin. Lebih bagus jg paham kaki-kaki dan bodi.
Cara memilih MOBIL SECOND
Kalau tak punya kenalan mekanik, petunjuk di bawah ni bisa membantu proses penelitian agar Anda tak tertipu.
Beberapa di antaranya merupakan masalah yg umum muncul di mobil bekas.
Yuk kita intip tipsnya satu persatu :
1. Lihat BPKB (Bukti Pajak Kendaraan Bermotor)
Melihat BPKB mobil berguna untk mengetahui mobil sudah berpindah tangan berapa kali. Termasuk jg keaslian warna.
Perhatikan lokasi tinggal pemilik pertama. Kalau dekat dgn laut, sebaiknya jangan dibeli. Karena kemungkinan karatnya besar lantaran udaranya mengandung garam.
2. Lampu-lampu
Mulai depan (lampu utama), belakang, kabin hingga indikator. Ini perlu, terutama untk mobil yg usia sudah di atas 10 tahun.
Selain dari umur bohlam, kerja lampu jg dipengaruhi oleh kondisi soket, kabel, sekring dan sistem kelistrikan lainnya.
Ganti bohlam saja murah, tapi kalau harus sistem kabel, dananya cukup besar.
3. Sepatu rem
Tak cukup dgn dilihat, tapi dijalankan dgn kecepatan bervariasi sambil menginjak pedal rem.
Dengarkan muncul tak suara berdecit secara kontinyu. Atau kaki terasa bergetar, kemungkinan sepatu rem sudah tipis dan ada area yg bersentuhan dgn cakram.
Jika kaki seperti menendang balik menandakan piring cakram tak rata.
4. Filter
Ada tiga, yakni filter udara, oli, bahan bakar. Jika semua kondisinya baik bisa memperpanjang umur pakai mobil.
Sebaliknya, salah satu filter / semuanya kotor / mampat. Biaya penggantiannya memang tak mahal.
Tapi jika Anda mendapati kondisi filter udara mesin kotor, kondisi mesin relatif sudah menurun. Sementara komponen itu paling mudah diganti.
Jadi jika filter udara yg kotor saja tak diganti, bagaimana dgn filter lainnya?
5. Busi
Lemahnya kondisi busi dpt menyebabkan kerja mesin menurun. Karena bisa membuat konsumsi bbm lebih boros, menaikkan emisi gas buang serta berakibat kerja mesin jadi tersendat karena gagal memercik. Biasanya, untk mengakali busi yg sudah aus, celah dibuat lebih rapat dgn elektroda. Sehingga mesin bisa bekerja normal. Tapi hal itu tak bertahan lama. Jadi sebaiknya, setelah mobil dibeli, busi ni segera diganti.
6. Aki
Untuk mengecek kemampuan menampung arus listrik aki mobil memang butuh alat khusus. Tapi Anda bisa melihat tinggi cairan, dan jika dinding aki tembus pandang perhatikan apakah sel-sel sudah ada yg melengkung. Perhatikan pula jika ada korosi pd terminal aki. Lihat jg kabel positif dan negatif yg mungkin longgar. Korosi dan kabel kendur membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga tak cukup kuat untk memutar mesin.
7. Belt
Belt yg slip dpt menimbulkan suara berdecit yg keras. Kendurnya belt dpt mempengaruhi pendinginan mesin, kerja alternator, power steering dan AC. Karena harga belt ni tak mahal, jadi sebaiknya diganti setelah membeli.
8. Sokbreker
Komponen ni vital bagi kestabilan dan keselamatan berkendara. Jika sudah lemah / rusak, ayunan mobil sudah tak teredam dgn baik dan dpt memperpendek umur pakai ban. Umumnya, sokbreker oli cenderung lebih mudah dideteksi kerusakannya dgn melihat apakah ada lelehan oli pd area di sekitarnya. Masalah lainnya adalah dudukan sokbreker yg sudah diserang karat.
9. CV joint
Komponen ni berguna untk menyalurkan tenaga mesin dari kopel (propeller shaft) ke as roda (drive shaft). Umumnya, masalah ni muncul akibat karet Constant Velocity Joint (CV Joint) sudah rusak dan bagian dalamnya kering dari gemuk (grease). Untuk mendeteksinya, Anda perlu test drive karena pd kecepatan tertentu akan muncul getaran berlebih. Atau dgn menikung patah dgn kecepatan rendah. Jika muncul suara berdetak, artinya komponen ni perlu diganti.
10. Knalpot
Untuk mengecek kondisi knalpot adalah dgn melongok ke kolong mobil. Pastikan tak ada kebocoran pd exhaust manifold, muffler dan pipa. Anda jg bisa dgn mendengarkan apakah ada suara keras yg tak normal. Meski hal ni mudah disamarkan dgn alasan sudah dimodifikasi.
11. Ban
Ban gundul jelas berisiko tinggi untk berkendara. Meski hanya sebagian tapaknya saja. Ausnya sebagian tapak ban jg bisa dijadikan indikasi pemiliknya sudah lama tak melakukan wheel alignment dan balancing. Selain itu perhatikan pula apakah ada dinding ban yg menggembung.
12. KNALPOT
Perlu diingat bahwa suara mesin yg halus belum tentu menjamin kondisinya tak bermasalah, karena banyak jg orang yg ternyata salah mengasumsikan hal ini. Jadinya ada rasa kecewa setelah membeli mobil tersebut pun dibeli, karena harus mengeluarkan uang yg cukup banyak untk biaya perbaikannya ke bengkel mobil.
Nah, untk menghindari kesalahan dlm menilai kondisi mesin mobil berbahan bakar bensin, ada cara lain yg sangat mudah untk mengetahui kondisi mesin , yaitu bisa melihat dan menjadikan kondisi ujung knalpot mobil tersebut sebagai indikator kondisi mesin.
CEK KNALPOT:
1. Terdapat Lelehan Oli
Jika ujung knalpot seperti ini, berarti ada masalah pd mesin, penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan pd seal klep, ring piston / sudah terdapat adanya baret pd dinding silinder mesin sehingga oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Biasanya jika terjadi hal ini, knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih yg pekat saat mesin menyala.
2. Terdapat Kerak Hitam Karbon
Kerak hitam pd ujung knalpot disebabkan karena tak sempurnanya pembakaran pd mesin. Terlalu banyak bensin dibanding udara dlm ruang mesin, sehingga banyak bensin yg tak terbakar sempurna yg kemudian menghasilkan asap dan kerak hitam pd saluran knalpot. Jika terjadi hal ni biasanya mesin brebet, tak bertenaga dan boros bensin. Asap hitam jg bisa disebabkan karena saringan udara kotor ataupun injector bermasalah.
3. Bersih dan berwarna abu-abu
Kondisi seperti ni menunjukkan bahwa pembakaran mesin sudah ideal, perbandingan antara bensin dan udara untk proses pembakaran sudah seimbang. Proses menyeimbangkan campuran antara bensin dan udara lebih untk mesin mobil yg masih menggunakan karburator, karena jika yg menggunakan sistem injeksi, pengaturan perbandingannya (Air Fuel Ratio) sudah akurat karena sudah diatur oleh ECU.
4. Tetesan / Percikan Air
Jika terdapat tetesan air pd saat mesin dlm kondisi dingin adalah hal yg wajar. Ini disebabkan karena adanya proses kondensasi yg menyebabkan adanya embun / uap air pd saluran knalpot, air pun akan segera hilang setelah mesin panas. Namun jika air masih tetap keluar secara terus menerus setelah mesin panas, maka dpt dipastikan bahwa adanya kebocoran pd paking head sehingga air radiator masuk ke dlm mesin, lama kelamaan hal ni bisa merusak mesin karena korosi pd dinding silinder.
Demikian Jurus/Tips membeli mobil second/bekas yg aman untk menghindari penyesalan dan pengeluaran yg tak terduga dikemudian hari. Memang jurus ni tak seratus persen sempurna karena ada faktor lain yaitu emosi pembeli, ketelitian pembeli, trik penjual dan lain-lain tapi yg jelas tips sederhana ni sudah terbukti efektif untk mencegah hal yg buruk terjadi dikemudian hari yg banyak terjadi pd pelaku pembelian mobil second.
Cara memilih MOBIL SECOND Jangan terburu buru untuk membeli mobil bekas hanya karena tampilannya masih memukau. Tips Tips Cara Memilih Mobil Bekas. Bila Anda sudah memilih mobil bekas atau sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Tips Cara memilih mobil bekas agar anda tidak tertipu dan menyesal dalam memutuskan untuk memilih mobil bekas yang baik sesuai dengan keinginan anda.

source : http://viva.co.id, http://twitter.com, http://macam2-cara.blogspot.com

0 Response to "CARA MEMILIH MOBIL SECOND 97518"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *