This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Materi: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel #82825

Salah satu materi matematika yg mudah dijelaskan dan dimengerti siswa adalah persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Bahkan kita hanya disuruh menyamakan variabel untuk menentukan hasil.

Sebelum menginjak materi yg pertama kita jumpai dibangku SMP ini, wajib kita pahami standar kompetensi materi ini. Yakni memecahkan masalah yg berkaitan dgn persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Ok langsung saja sobat, berikut ulasannya.

Materi: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Kalimat Terbuka Apa itu kalimat terbuka, adalah sebuah kalimat yg belum bisa dikatakan apakah itu benar / salah.
Contoh : 8 + y = 20
Inilah yg dimaksud kalimat terbuka. Jika y kita ganti dgn angka 10, maka hasilnya salah. Sebaliknya, bila kita mengubahnya ke angka 12, maka hasilnya itu benar.
Persamaan Linear Satu Variabel Apa itu persamaan linear satu variabel, adalah persamaan yg terdiri dari satu variabel dan pangkat terbesar dari variabel itu adalah satu ( 1).
Contoh : ~ x + 7 = 13 ~ 6 - 2x = 2
Kedua kalimat / contoh tersebut disebut dgn persamaan. Persamaan adalah kalimat terbuka yg menyatakan hubungan samadengan (=).
Penyelesaian : Tentukan persamaan dari 3y - 2 = 4
Jawab :
 3y - 2 = 4 3y = 4+2 3y = 6 y = 2

Tentukan persamaan dari 3x + 5 = x + 15
Jawab :
 3x + 5 = x + 15 3x - x = -5 + 15 2x = 10 x = 10/2 x = 2

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Apa itu pertidaksamaan linear satu variabel, ialah pertidaksamaan yg memuat satu variabel dan pangkat yg paling besar adalah satu. Pertidaksamaan linear satu variabel biasanya menggunakan tanda <, >, , dan
Contoh : Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan 5z - 2 > 13
Jawab :
 5z - 2 > 13 5z > 13+2 5z > 15 z > 3

Mungkin itu saja sobat materi yg bisa saya berikan tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel semoga bermanfaat.

source : http://news.detik.com, http://flickr.com, http://rumusdasarmatematika.blogspot.com

0 Response to "Materi: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel #82825"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *