This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Ampas Kopinya Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaatnya!

Ampas Kopinya Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaatnya!
ampas kopi (foto: Rumah Kopi)
Fandinistic, Kuliner - Kopi memang menjadi minuman yg hampir digemari oleh seluruh penduduk di muka bumi ini. Pasalnya, kopi memang banyak manfaatnya, seperti meningkatkan produktivitas, gairah dan masih banyak lagi. Selain itu, kopi pun banyak macamnya, untuk di Indonesia sendiri, kita mengenal jenis-jenis kopi seperti kopi Lampung, luwak, Aceh, Sumatra, dan sebagainya.

Meskipun demikian, masih banyak bagi para pecinta kopi yg belum mengetahui manfaat dari ampas kopi itu sendiri. Mereka cenderung membuang ampas kopi tersebut. Padahal, ampas kopi jg memiliki manfaat yg bisa digunakan di rumah Anda. Mulai dari sebagai bahan untuk mencuci, kecantikan, hingga dijadikan untuk kompos.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak lima manfaat ampas kopi yg bisa Anda gunakan di rumah Anda, seperti yg dilansir dari The Kitchn, berikut ini.

1. Pembersih Peralatan Makan
Pertama, Anda bisa manfaatkan ampas kopi sebagai pembersih peralatan makan Anda, seperti piring, gelas, serta mangkuk. Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pembersih peralatan makan sebab tekstur ampas kopi yg kasar ampuh untuk menghilangkan noda / kotoran di peralatan makanan Anda yg bandel untuk dibersihkan.

Caranya mudah, langsung gunakan spons yg sudah dicampurkan dgn ampas kopi, lalu bersihkan noda dan lemak pd peralatan makanan Anda. Dengan demikian, Anda pun bisa hemat, karena tak perlu menggunakan sabun cuci.

2. Menghilangkan Goresan di Furnitur
Nah, jika sekiranya furnitur Anda seperti meja, sofa, lemari tergores oleh benda yg tajam, Anda bisa mengembalikannya menjadi bentuk semula. Ya, dgn ampas kopi ini, bekas goresan di furnitur Anda dpt kembali seperti semula.

Cukup campurkan ampas kopi dgn air hangat, dan cuka. Kemudian, campuran tersebut oleskan di permukaan furnitur yg terkena goresan. Bagaimana mudah, bukan?

3. Sebagai Kompos
Bagi Anda yg memiliki tanaman di rumah, jangan bingung untuk membeli pupuknya, karena dgn ampas kopi ni bisa jg dimanfaatkan sebagai pupuk kompos sebab ampas kopi diyakini kaya akan nitrogen. Tapi ingat, ampas kopi yg digunakan untuk kompos bukanlah ampas yg masih baru, melainkan yg sudah lama dan terurai.

Nah, bagi Anda yg ingin memanfaatkan ampas kopi untuk kompos cukuplah mudah. Caranya, yakni dgn mencampurkan ampas kopi beserta dedaunan, dan rumput yg masih segar dgn rasio perbandinagn yg sama, yakni 1:1:1.

4. Menghilangkan Bau pd Lemari Es
Biasanya, lemari es bisa menimbulkan bau yg tak sedap karena penyimpanan makanan yg salah. Seperti Anda menyimpan ikan, ayam di dalam lemari es. Hal itu memicu bau tak sedap pd lemari es Anda.

Meskipun demikian, jangan khawatir setelah minum kopi, Anda bisa manfaatkan ampas kopi tersebut untuk mengusir bau tak sedap pd lemari es Anda. Ampas kopi ni mirip seperti baking soda, yg jg berfungsi sebagai deodorizer. Anda cukup meletakkan wadah yg berisi ampas kopi di dalam lemari es. Seketika, bau tak sedap akan terurai.

5. Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati
Yang terakhir, ampas kopi jg bisa digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sungguh, sel-sel kulit mati membuat Anda tak percaya diri, terutama bagi perempuan. Caranya jg sangat mudah, Anda cukup mencampurkan ampas kopi dgn minyak zaitun dgn perbandingan yg sama. Lalu oleskan pd wajah yg memiliki sel kulit mati.

Selain itu, tak hanya pd wajah. Ampas kopi jg bisa menghilangkan sel-sel kulit mati pd bagian siku dan lutut, caranya sama dgn mencampurkan minyak zaitun dan ampas kopi, tunggu beberapa menit, lalu bilas dgn air bersih.

Begitulah, beberapa manfaat dari ampas kopi yg selama ni kita singkirkan dgn percuma. Mulai sekarang, Anda bisa memanfaatkannya seperti yg telah dicantum di atas. Selain itu, ampas kopi jg bisa berguna bagi Anda yg memiliki warna rambut yg kusam. Caranya mudah, ambil kopi murni, lalu bilas rambut dgn kopi tersebut, dan pijat kulit kepala dgn lembut. Hal ni membuat warna rambut Anda menjadi hitam dan tajam.

source : http://log.viva.co.id, http://www.fandinistic.com, http://youtube.com

0 Response to "Ampas Kopinya Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaatnya!"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *