This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Kitab Alfiyah] Bab Mu'rab dan Mabni (Terjemah Alfiyah Ibnu Malik)

gbne.blogspot.com - Pembagian Isim
ÙˆَالاسْÙ…ُ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُ Ù…ُعْرَبٌ ÙˆَÙ…َبْÙ†ِÙŠ # Ù„ِØ´َبَـــهٍ Ù…ِÙ†َ الْØ­ُــرُÙˆْفِ Ù…ُدْÙ†ِÙŠ
Adapun Isim terdiri dari mu’rab dan mabni yg mendekati kemiripan huruf
--------------((O))---------------
Keterangan : dlm bait ini, nampak pembagian Isim. Isim terbagi menjadi 2 bagian, :
  • Mu'rob
  • Mabni

Penertian Isim mu’rob
Isim mu’rob adalah isim yg dpt berubah pd akhir lapfadznya disebabkan adanya perbedaan kedudukan (posisi) dlm suatu kalimat.
Contoh:
القَÙ„َÙ…ُ جَدِÙŠْدٌ (Pena itu baru)
رايتُ القَÙ„َÙ…َ (Aku melihat pena itu) Ùƒَتَبْتُ بالقَÙ„َÙ…ِ (Aku menulis dgn pena) Pada contoh contoh di atas, terlihat perubahan (mu'rob) pd akhir akhir lafadz القَÙ„َÙ…ُ (rafa), القَÙ„َÙ…َ (nashab), بالقَÙ„َÙ…ِ (khafadh) . terjadi perubahan pd akhir akhir kalimatnya, maka inlah yg disebut dgn Isim yg Mu'rob
Adapun Isim mabni adalah lawan dari isim mu'rob
wallahu a'lam bishawab
Pembagian Isim yg semirip Huruf (Syibih Huruf)
ÙƒَالْØ´َّبَÙ‡ِ الْÙˆَضْعِÙŠِّ فِÙŠ اسْÙ…َÙŠْ جِئْتَÙ†َا # ÙˆَالْÙ…َعْـنَـــوِÙŠِّ فِÙŠ Ù…َتَÙ‰ ÙˆَفِÙŠ Ù‡ُـــــــنَا
Seperti Syibih wadh’iy dalam contoh dua isim lafadz "Ji’tana" Dan Syibih Ma’nawiy pd lafadz "Mata, dan Huna".
ÙˆَÙƒَÙ†ِÙŠَابَØ©ٍ عَÙ†ِ الْفِعْÙ„ِ بِلاَ # تَØ£َØ«ُّــــرٍ ÙˆَÙƒَافْــتِÙ‚َارٍ Ø£ُصِّلا
Dan Syibih Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa efek I’rob (Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yg dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).

--------------((O))---------------


Keterangan : Bait ni menjelaskan kepada kita, bahwa isim mabni (atau isim yg harokatnya tak berubah) mempunyai 4 pembagian,
  • Syibih wadh’iy (Letak)
  • Syibih Ma’nawiy (makna)
  • Syibih Niabah (pengganti)
  • Syibih Iftiqary (Kebutuhan)
Syibih wadh’iy (Karena Serupa Letak/ bentuknya) seperti lafadz جِئْتَÙ†َا (*Kamu tlh datang kepada kami). Untuk mendalami pemahaman Apa itu "Isim Mabni Syibih wadh’iy ? anda harus fokus pd contoh جِئْتَÙ†َا seperti yg di contohkan oleh penazham pd bait di atas (* pen)__

Huruf "Ta " Sering kita fahami merupakan huruf / mendekati huruf, Tapi pd contoh ini, Huruf "Ta " merupakan ISIM FAIL (Pelaku) dari fiil (kata kerja) جِئْ yg makna nya berarti "KAMU" (*)...Inilah yg kita namai Isim Mabni Syibih wadh’iy atau isim mabni yg menyerupai huruf (Pen).

Silahkan anda praktekan untk menambah pemahaman mendasar tentang Mabni Isim Syibih wadh’iy pd lafadz yg lainnya.

Dengan demikian, Ini yg menjadi alasan kenapa isim mabni tak berubah pd harokatnnya, meskipun ada amil amil yg masuk kepadanya.(pen)

Sebagaimana yg dijelaskan oleh syeikh bahauddin abdullah bin ibnu 'Aqil al aqily al mishri al hamdzany, dlm syarah ibnu aqil, mengisyaratkan tentang isim mabni terbagi menjadi4 bagian

شبهه له في الوضع(1
شبه الاسم له في المعنى(2)
شبهه له في النيابة عن الفعل (3)
(4) شبه الحرف في الافتقار اللازم
Pengertian Isim M’rab
ÙˆَÙ…ُعْرَبُ الأَسْÙ…َاءِ Ù…َا Ù‚َدْ سَÙ„ِÙ…َا # Ù…ِÙ†ْ Ø´َبَÙ‡ِ الْØ­َرْفِ ÙƒَØ£َرْضٍ ÙˆَسَÙ…َا
Adapun isim isim mu’rab adlh isim yg selamat dari semirip huruf seperti contoh lafadz Ardhi (Bumi)" dan lafadz Sama (langit)
ÙˆَفِـــعْÙ„ُ Ø£َÙ…ْرٍ ÙˆَÙ…ُضِÙŠٍّ بُÙ†ِـيَا # ÙˆَØ£َعْرَبُوا Ù…ُضَارِعَاً إنْ عَرِÙŠَا
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan para Ulama Nahwu menghukumi Mu’rab pd Fi’il Mudhori’ jika kosong
Ù…ِÙ†ْ Ù†ُÙˆْÙ†ِ تَÙˆْÙƒِÙŠْدٍ Ù…ُبَاشِرٍ ÙˆَÙ…ِÙ†ْ # Ù†ُÙˆْÙ†ِ إنَــاثٍ ÙƒَÙŠَرُعْÙ†َ Ù…َÙ†ْ فُـــتِÙ†ْ
Dari Nun Taukid yg mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.
ÙˆَÙƒُÙ„ُّ Ø­َـرْفٍ Ù…ُسْتَــحِÙ‚ٌّ Ù„ِÙ„ْبِÙ†َا # ÙˆَالأَصْÙ„ُ فِÙŠ الْÙ…َبْÙ†ِÙŠِّ Ø£َÙ†ْ ÙŠُسَÙƒَّÙ†َا
Semua huruf berhak untk mabni . karena pokok mabninya adlh Sukun.


Keterangan :Pada bait bait ini, para ulama nahwu sepakat memabnikan fiil madhi dan fiil amar, dan memu'rabkan fiil mudhary jika kosong dari nun taukid mubasyarah dan nun inats seperti lafadz " ÙŠَرُعْÙ†َ Ù…َÙ†ْ فُـــتِÙ†ْ " (mengejutkan wanita-wanita itu kepada orang yg difitnah)
ÙˆَÙ…ِÙ†ْÙ‡ُ Ø°ُÙˆ فَتْØ­ٍ ÙˆَØ°ُÙˆ Ùƒَسْرٍ ÙˆَضَÙ…ُّ # ÙƒَØ£َÙŠْÙ†َ Ø£َÙ…ْسِ Ø­َÙŠْØ«ُ ÙˆَالْسَّــــاكِÙ†ُ ÙƒَÙ…ْ
Sebagian Mabni adlh Mabni berharkat Fathah, Mabni berharkat Kasroh dan Mabni berharkat Dhommah. Seperti lafadz: Aina (fathah), Amsi (kasrah), Haitsu(domah), dan Mabni eharakat Sukun seperti Lafadz Kam.

Alamat I’rab
Ùˆَالْرَّفْعَ ÙˆَالْÙ†َّصْبَ اجْعَÙ„َÙ†ْ إعْرَابَا # لاسْــمٍ Ùˆَفِــعْــلٍ Ù†َØ­ْـوُ Ù„َÙ†ْ Ø£َÙ‡َـــــابَا
Jadikanlah sebagai I’rab Rofa’ dan Nashab untk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan Ahaba.
ÙˆَالاسْÙ…ُ Ù‚َدْ Ø®ُصِّصَ بِالْجَرِّ ÙƒَÙ…َا # Ù‚َــدْ Ø®ُصِّصَ الْفِعْـلُ بِØ£َÙ†ْ ÙŠَÙ†ْـجَزِÙ…َا
Adapun isim spesial ber i'rab Jarr, sebagaimana jg Fi’il khusus ber I'ra Jazm.

TANDA ASAL I’RAB
فَارْفَعْ بِضَÙ…َ ÙˆَانْصِبَÙ†ْ فَتْØ­َاً Ùˆَجُرْ # Ùƒَسْــــــرَاً ÙƒَــذِÙƒْرُ اللَّÙ‡ِ عَبْــدَÙ‡ُ ÙŠَسُـرْ
Rofa’kanlah olehmu dgn tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur.
ÙˆَاجْزِÙ…ْ بِتَسْÙƒِÙŠْÙ†ٍ ÙˆَغَÙŠْرُ Ù…َا Ø°ُÙƒِرْ # ÙŠَÙ†ُــوْبُ Ù†َØ­ْÙˆُ جَا Ø£َØ®ْــو بَÙ†ِÙŠ Ù†َÙ…ِــرْ
Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun. Selain tanda-tanda yg telah disebut, merupakan penggantinya. Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir.
TANDA I’RAB ASMAUS SITTAH
Ùˆَارْفَعْ بِــوَاوٍ ÙˆَانْصِبَÙ†َّ بِالأَÙ„ِفْ # Ùˆَاجْرُرْ بِÙŠَاءٍ Ù…َا Ù…ِÙ†َ الأَسْÙ…َا Ø£َصِفْ
Rofa’kanlah dgn Wau, Nashabkanlah dgn Alif, dan Jarrkanlah dgn Ya’, untk Isim-Isim yg akan aku sifati sebagai berikut (Asmaus Sittah):
Ù…ِÙ†ْ Ø°َاكَ Ø°ُÙˆ Ø¥ِÙ†ْ صُØ­ْبَØ©ً Ø£َبَانَا # Ùˆَالْفَــــــمُ Ø­َÙŠْØ«ُ الْÙ…ِÙŠْÙ…ُ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُ بَانَا
Diantara Isim-Isim itu (Asmaus Sittah) adlh Dzu jika difahami bermakna Shahib (yg memiliki), dan Famu sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya.
Ø£َبٌ آخٌ Ø­َـــمٌ Ùƒَـــذَاكَ ÙˆَÙ‡َـــنُ # ÙˆَالْÙ†َّÙ‚ْصُ فِÙŠ هذَا الأَØ®ِÙŠْرِ Ø£َØ­ْسَÙ†ُ
Juga Abun, Akhun, Hamun, demikian jg Hanu. Tapi dii’rab Naqsh untk yg terakhir ni (Hanu) adlh lebih baik.
ÙˆَفِÙŠ Ø£َبٍ ÙˆَتَـالِÙŠَÙŠْÙ‡ِ ÙŠَÙ†ْـــدُرُ # ÙˆَÙ‚َصْرُÙ‡َا Ù…ِÙ†ْ Ù†َÙ‚ْصِÙ‡ِÙ†َّ Ø£َØ´ْÙ‡َرُ
Dan untk Abun berikut yg mengiringinya (Akhun dan Hamun) jarang diri’rab Naqsh, sedangkan dii’rab Qoshr malah lebih masyhur daripada I’rab Naqshnya.
ÙˆَØ´َرْØ·ُ Ø°َا الإعْرَابِ Ø£َÙ†ْ ÙŠُضَفْÙ†َ لاَ # Ù„ِÙ„ْÙŠَــا Ùƒَــجَا Ø£َØ®ْــو Ø£َبِÙŠْـــكَ Ø°َا اعْـــتِلاَ
Syarat I’rab ni (Rafa’ dg wau, Nasha dg Alif, dan Jarr dg Ya’ pd Asmaus Sittah) harus Mudhaf kepada selain Ya’ Mutakallim. Seperti: Jaa Akhu Abiika Dza-’tilaa.
TANDA I’RAB ISIM TATSNIYAH DAN MULHAQNYA
بِالأَÙ„ِفِ ارْفَع الْÙ…ُØ«َÙ†َّÙ‰ ÙˆَÙƒِلاَ # إذَا بِÙ…ُـــضْÙ…َرٍ Ù…ُضَــافَاً Ùˆُصِلاَ
Rafa’kanlah! dgn Alif terhadap Isim Mutsanna, jg lafadz Kilaa apabila tersambung langsung dgn Dhomir, dgn menjadi Mudhof.
ÙƒِÙ„ْتَا ÙƒَØ°َاكَ اثْÙ†َانِ ÙˆَاثْÙ†َتَانِ # ÙƒَابْÙ†َــيْÙ†ِ ÙˆَابْÙ†َتَÙŠْــنِ ÙŠَجْــرِÙŠَانِ
Juga (Rofa’ dg Alif) lafadz Kiltaa, begitupun jg lafadz Itsnaani dan Itsnataani sama (I’rabnya) dgn lafadz Ibnaini dan Ibnataini keduanya contoh yg dijarrkan.
ÙˆَتَØ®ْÙ„ُفُ الْÙŠَا فِÙŠ جَÙ…ِÙŠْعِÙ‡َا الأَÙ„ِفْ # جَــــرًّا ÙˆَÙ†َصْـــبَاً بَعْدَ فَتْـــحٍ Ù‚َدْ Ø£ُÙ„ِفْ
Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’) pd semua lafadz tsb (Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jarr dan Nashabnya, terletak setelah harkat Fathah yg tetap dipertahankan.
TANDA I’RAB JAMAK MUDZAKKAR SALIM DAN MULHAQNYA
Ùˆَارْفَعْ بِÙˆَاوٍ ÙˆَبِÙŠَا اجْرُرْ Ùˆَانْصِبِ # سَــــــــالِÙ…َ جَÙ…ْعِ عَــــــــامِرٍ ÙˆَÙ…ُØ°ْÙ†ِبِ
Rofa’kanlah dgn Wau!, Jarrkan dan Nashabkanlah dgn Ya’! terhadap Jamak Mudzakkar Salim dari lafadz ‘Aamir dan Mudznib
ÙˆَØ´ِبْÙ‡ِ Ø°َÙŠْÙ†ِ ÙˆَبِÙ‡ِ عِØ´ْرُÙˆْÙ†َا # Ùˆَبَابُـــهُ Ø£ُÙ„ْØ­ِــقَ ÙˆَالأَÙ‡ْــــلُÙˆْÙ†َا
....dan yg serupa dgn keduanya ni (Aamir dan Mudznib, pd bait sebelumnya). Dan lafadz ‘Isyruuna dan babnya, dimulhaqkan kepadanya (I’rab Jamak Mudzakkar Salim). Juga lafadz Ahluuna
أوْÙ„ُÙˆ ÙˆَعَالَÙ…ُÙˆْÙ†َ عِÙ„ِّÙŠّونَا # ÙˆَØ£َرْضُـــوْÙ†َ Ø´َØ°َّ ÙˆَالْسِّـنُÙˆْÙ†َا
Juga lafadz Uluu, ‘Aalamuuna, ‘Illiyyuuna dan lafazh Aradhuuna adlh contoh yg syadz (paling jauh dari definisi Jamak Mudzakkar Salim). Juga Lafadz sinuuna....
ÙˆَبَابُÙ‡ُ ÙˆَÙ…ِØ«ْÙ„َ Ø­ِÙŠْÙ†ٍ Ù‚َـدْ ÙŠَرِدْ # Ø°َا الْبَابُ ÙˆَÙ‡ْÙˆَ عِÙ†ْدَ Ù‚َÙˆْÙ…ٍ ÙŠَØ·َّرِدْ
...dan babnya. Terkadang Bab ni (bab sinuuna) ditemukan dii’rab semisal lafadz Hiina (dii’rab harkat, dgn tetapnya ya’ dan nun) demikian ni ditemukan pd suatu kaum (dari Ahli Nawu / orang Arab)
ÙˆَÙ†ُÙˆْÙ†َ Ù…َجْÙ…ُÙˆْعٍ ÙˆَÙ…َا بِÙ‡ِ الْتَØ­َÙ‚ْ # فَافْــتَØ­ْ ÙˆَÙ‚َــلَّ Ù…َÙ†ْ بِÙƒَــسْرِÙ‡ِ Ù†َØ·َــقْ
Fathahkanlah! harakah Nunnya Kalimat yg dijamak Mudzakkar Salim dan Mulhaqnya. Ada segelintir orang bercakap-cakap dgn mengkasrahkannya.
ÙˆَÙ†ُÙˆْÙ†ُ Ù…َا Ø«ُÙ†ِّÙŠَ ÙˆَالْÙ…ُÙ„ْØ­َÙ‚ِ بِÙ‡ْ # بِعَـــكْسِ Ø°َاكَ اسْتَعْÙ…َÙ„ُÙˆْÙ‡ُ فَانْتَبِÙ‡ْ
Adapun Nunnya Kalimat yg ditatsniyahkan dan Mulhaqnya, adlh terbalik (Harakah Nun dikasrahkan). Semuanya mengamalkan demikian, maka perhatikanlah!
TANDA I’RAB JAMAK MU’ANNATS SALIM DAN MULHAQNYA
ÙˆَÙ…َا بِتَـــا ÙˆَØ£َÙ„ِــفٍ Ù‚َــدْ جُÙ…ِــعَا # ÙŠُÙƒْسَرُ فِÙŠ الْجَرِّ ÙˆَفِÙŠ النَّصْبِ Ù…َعَا
Setiap Kalimah yg dijamak dgn tambahan Alif dan Ta’ (Jamak Muannats Salim) tanda Jarr dan Nashabnya sama dikasrohkan.
ÙƒَØ°َا Ø£ُÙˆْلاَتُ ÙˆَالَّØ°ِÙŠ اسْÙ…َاً Ù‚َدْ جُعِÙ„ْ # ÙƒَــــأَØ°ْرِعَــاتٍ فِــيْÙ‡ِ Ø°َا Ø£َÙŠْــضَاً Ù‚ُــبِÙ„ْ
Begitu jg (Dii’rab seperti Jamak Muannats Salim) yaitu lafadz Ulaatu. Dan Kalimah yg sungguh dijadikan sebuah nama seperti lafadz Adri’aatin (nama tempat di Syam) yg demikian ni jg diberlakukan I’rab seperti Jamak Mu’annats Salim.
TANDA I’RAB ISIM YANG TIDAK MUNSHORIF
Ùˆَجُرَّ بِالْفَتْØ­َØ©ِ Ù…َا لاَ ÙŠَÙ†ْصَرِفْ # Ù…َا Ù„َÙ…ْ ÙŠُضَفْ Ø£َÙˆْ ÙŠَÙƒُ بَعْدَ Ø£َÙ„ْ رَدِفْ
Setiap Isim yg tak Munshorif dijarrkan dgn Harakah Fathah, selama tak Mudhof / tak jatuh sesudah AL.
TANDA I’RAB AF’ALUL KHOMSAH
ÙˆَاجْعَÙ„ْ Ù„ِÙ†َØ­ْÙˆِ ÙŠَفْعَلاَÙ†ِ الْÙ†ُّÙˆْÙ†َا # رَفْـــعَاً ÙˆَتَدْعِــيْÙ†َ ÙˆَتَسْـــــأَÙ„ُونَا
Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’ untk contoh Kalimah-kalimah yg seperti lafadz يفعلان (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz تدعين (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسألون (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak).
ÙˆَØ­َØ°ْفُÙ‡َا Ù„ِÙ„ْجَزْÙ…ِ ÙˆَالْÙ†َّصْبِ سِÙ…َÙ‡ْ # ÙƒَــلَÙ…ْ تَÙƒُــــوْÙ†ِÙŠ Ù„ِتَرُÙˆْÙ…ِÙŠ Ù…َـــظْÙ„َÙ…َÙ‡ْ
Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya, yaitu dgn membuang Nun. seperti contoh َلمْ تَÙƒُــــوْÙ†ِÙŠ Ù„ِتَرُÙˆْÙ…ِÙŠ Ù…َـــظْÙ„َÙ…َÙ‡ْ
TANDA I’RAB ISIM MU’TAL (ISIM MAQSHUR DAN ISIM MANQUSH)
ÙˆَسَÙ…ِّ Ù…ُعْتَلاًّ Ù…ِÙ†َ الأَسْÙ…َاءِ Ù…َا # ÙƒَالْÙ…ُصْØ·َفَÙ‰ ÙˆَالْÙ…ُرْتَÙ‚َÙŠ Ù…َÙƒَارِÙ…َا
Namailah! Isim Mu’tal, terhadap Isim-Isim yg seperti lafadz الْÙ…ُصْØ·َفَÙ‰ (Isim yg berakhiran huruf Alif) dan seperti lafadz الْÙ…ُرْتَÙ‚َÙŠ Ù…َÙƒَارِÙ…َا (Isim yg berakhiran huruf Ya’).
فَالأَÙˆَّÙ„ُ الإِعْرَابُ فِÙŠْÙ‡ِ Ù‚ُدِّرَا # جَÙ…ِÙŠْـعُÙ‡ُ ÙˆَÙ‡ْÙˆَ الَّØ°ِÙŠ Ù‚َدْ Ù‚ُصِرَا
Contoh lafadz yg pertama (الْÙ…ُصْØ·َفَÙ‰) Semua tanda I’rabnya dikira-kira, itulah yg disebut Isim Maqshur.
ÙˆَالْØ«َّانِ Ù…َÙ†ْÙ‚ُوصٌ ÙˆَÙ†َصْبُÙ‡ُ ظَÙ‡َرْ # ÙˆَرَفْـعُÙ‡ُ ÙŠُÙ†ْــوَÙ‰ ÙƒَØ°َا أيْضَــــاً ÙŠُجَرْ
Contoh lafadz yg kedua (الْÙ…ُرْتَÙ‚َÙŠ) dinamakan Isim Manqush, tanda Nashabnya Zhohir. Tanda Rofa’ dan jg Jarrnya sama dikira-kira.
TANDA I’RAB FI’IL MU’TAL
ÙˆَØ£َÙŠُّ فِعْــلٍ آخِرٌ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُ Ø£َÙ„ِفْ # أوْ Ùˆَاوٌ أوْ ÙŠَاءٌ فَÙ…ُعْتَلاًّ عُرِفْ
Setiap Kalimah Fi’il yg akhirnya huruf illat Alif , Wau / Ya’, maka dinamakan Fi’il Mu’tal.
فَالأَÙ„ِفَ انْÙˆِ فِÙŠْÙ‡ِ غَÙŠْرَ الْجَزْÙ…ِ # ÙˆَØ£َبْـــدِ Ù†َصْبَ Ù…َا ÙƒَÙŠَدْعُÙˆ ÙŠَرْÙ…ِÙŠ
Kira-kirakanlah! I’rab untk Kalimah Fi’il yg berakhiran Alif pd selain Jazmnya. Dan Zhohirkanlah! tanda nashab untk Kalimah Fi’il yg seperti ÙŠَدْعُÙˆ (Berakhiran huruf Wau) dan ÙŠَرْÙ…ِÙŠ(Berakhiran huruf Ya’)...
والرَّفعَ فيهما انْÙˆِ واحذِفْ جازِÙ…َا # ثــلاثَـــهُÙ†َّ تَقــــضِ Ø­ُكمَــا لازِÙ…َــــا
dan kira-kirakanlah! tanda Rofa’ untk kedua lafadz (ÙŠَدْعُÙˆ dan ÙŠَرْÙ…ِÙŠ ). Buanglah (huruf-huruf illat itu) jika engkau sebagai orang yg menjazmkan ketiga Kalimah Fi’il Mu’tal tsb, maka berarti engkau memutuskan dgn Hukum yg benar.

source : http://tempo.co, http://pinterest.com

0 Response to "[Kitab Alfiyah] Bab Mu'rab dan Mabni (Terjemah Alfiyah Ibnu Malik)"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *