gbne.blogspot.com - Pembagian Isim |
ÙَاÙاسْÙ
ُ Ù
ِÙْÙُ Ù
ُعْرَبٌ ÙَÙ
َبْÙِÙ # ÙِØ´َبَÙÙÙÙٍ Ù
ِÙَ اÙْØُÙÙرُÙْÙِ Ù
ُدْÙِÙ |
Adapun Isim terdiri dari mu’rab dan mabni yg mendekati kemiripan huruf --------------((O))--------------- Keterangan : dlm bait ini, nampak pembagian Isim. Isim terbagi menjadi 2 bagian, : Penertian Isim mu’rob Isim mu’rob adalah isim yg dpt berubah pd akhir lapfadznya disebabkan adanya perbedaan kedudukan (posisi) dlm suatu kalimat. Contoh: اÙÙَÙَÙ
ُ جَدِÙْدٌ (Pena itu baru) راÙتُ اÙÙَÙَÙ
َ (Aku melihat pena itu) Ùَتَبْتُ باÙÙَÙَÙ
ِ (Aku menulis dgn pena) Pada contoh contoh di atas, terlihat perubahan (mu'rob) pd akhir akhir lafadz اÙÙَÙَÙ
ُ (rafa), اÙÙَÙَÙ
َ (nashab), باÙÙَÙَÙ
ِ (khafadh) . terjadi perubahan pd akhir akhir kalimatnya, maka inlah yg disebut dgn Isim yg Mu'rob Adapun Isim mabni adalah lawan dari isim mu'rob wallahu a'lam bishawab |
Pembagian Isim yg semirip Huruf (Syibih Huruf) |
ÙَاÙْØ´َّبَÙِ اÙْÙَضْعِÙِّ Ùِ٠اسْÙ
َÙْ جِئْتَÙَا # ÙَاÙْÙ
َعْÙÙَÙÙÙÙِÙِّ ÙِÙ Ù
َتَÙ ÙَÙِÙ ÙُÙÙÙÙÙÙÙÙَا |
Seperti Syibih wadh’iy dalam contoh dua isim lafadz "Ji’tana" Dan Syibih Ma’nawiy pd lafadz "Mata, dan Huna". |
ÙَÙَÙِÙَابَØ©ٍ عَÙِ اÙْÙِعْÙِ بِÙاَ # تَØ£َØ«ُّÙÙÙÙرٍ ÙَÙَاÙْÙÙتِÙَارٍ Ø£ُصِّÙا |
Dan Syibih Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa efek I’rob (Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yg dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).
--------------((O))---------------
Keterangan : Bait ni menjelaskan kepada kita, bahwa isim mabni (atau isim yg harokatnya tak berubah) mempunyai 4 pembagian, - Syibih wadh’iy (Letak)
- Syibih Ma’nawiy (makna)
- Syibih Niabah (pengganti)
- Syibih Iftiqary (Kebutuhan)
Syibih wadh’iy (Karena Serupa Letak/ bentuknya) seperti lafadz جِئْتَÙَا (*Kamu tlh datang kepada kami). Untuk mendalami pemahaman Apa itu "Isim Mabni Syibih wadh’iy ? anda harus fokus pd contoh جِئْتَÙَا seperti yg di contohkan oleh penazham pd bait di atas (* pen)__
Huruf "Ta " Sering kita fahami merupakan huruf / mendekati huruf, Tapi pd contoh ini, Huruf "Ta " merupakan ISIM FAIL (Pelaku) dari fiil (kata kerja) جِئْ yg makna nya berarti "KAMU" (*)...Inilah yg kita namai Isim Mabni Syibih wadh’iy atau isim mabni yg menyerupai huruf (Pen).
Silahkan anda praktekan untk menambah pemahaman mendasar tentang Mabni Isim Syibih wadh’iy pd lafadz yg lainnya.
Dengan demikian, Ini yg menjadi alasan kenapa isim mabni tak berubah pd harokatnnya, meskipun ada amil amil yg masuk kepadanya.(pen)
Sebagaimana yg dijelaskan oleh syeikh bahauddin abdullah bin ibnu 'Aqil al aqily al mishri al hamdzany, dlm syarah ibnu aqil, mengisyaratkan tentang isim mabni terbagi menjadi4 bagian
شبÙÙ ÙÙ Ù٠اÙÙضع(1 شب٠اÙاسÙ
ÙÙ Ù٠اÙÙ
عÙÙ(2) شبÙÙ ÙÙ Ù٠اÙÙÙابة ع٠اÙÙع٠(3) (4) شب٠اÙØر٠Ù٠اÙاÙتÙار اÙÙازÙ
|
Pengertian Isim M’rab |
ÙَÙ
ُعْرَبُ اÙØ£َسْÙ
َاءِ Ù
َا Ùَدْ سَÙِÙ
َا # Ù
ِÙْ Ø´َبَÙِ اÙْØَرْÙِ ÙَØ£َرْضٍ ÙَسَÙ
َا |
Adapun isim isim mu’rab adlh isim yg selamat dari semirip huruf seperti contoh lafadz Ardhi (Bumi)" dan lafadz Sama (langit) |
ÙَÙِÙÙÙعْÙُ Ø£َÙ
ْرٍ ÙَÙ
ُضِÙٍّ بُÙِÙÙَا # ÙَØ£َعْرَبُÙا Ù
ُضَارِعَاً Ø¥Ùْ عَرِÙَا |
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan para Ulama Nahwu menghukumi Mu’rab pd Fi’il Mudhori’ jika kosong |
Ù
ِÙْ ÙُÙْÙِ تَÙْÙِÙْدٍ Ù
ُبَاشِرٍ ÙَÙ
ِÙْ # ÙُÙْÙِ Ø¥ÙَÙÙاثٍ ÙَÙَرُعْÙَ Ù
َÙْ ÙُÙÙÙتِÙْ |
Dari Nun Taukid yg mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin. |
ÙَÙُÙُّ ØَÙرْÙٍ Ù
ُسْتَÙÙØِÙٌّ ÙِÙْبِÙَا # ÙَاÙØ£َصْÙُ Ùِ٠اÙْÙ
َبْÙِÙِّ Ø£َÙْ ÙُسَÙَّÙَا |
Semua huruf berhak untk mabni . karena pokok mabninya adlh Sukun.
Keterangan :Pada bait bait ini, para ulama nahwu sepakat memabnikan fiil madhi dan fiil amar, dan memu'rabkan fiil mudhary jika kosong dari nun taukid mubasyarah dan nun inats seperti lafadz " ÙَرُعْÙَ Ù
َÙْ ÙُÙÙÙتِÙْ " (mengejutkan wanita-wanita itu kepada orang yg difitnah)
|
ÙَÙ
ِÙْÙُ Ø°ُÙ ÙَتْØٍ ÙَØ°ُÙ Ùَسْرٍ ÙَضَÙ
ُّ # ÙَØ£َÙْÙَ Ø£َÙ
ْسِ ØَÙْØ«ُ ÙَاÙْسَّÙÙÙÙاÙِÙُ ÙَÙ
ْ |
Sebagian Mabni adlh Mabni berharkat Fathah, Mabni berharkat Kasroh dan Mabni berharkat Dhommah. Seperti lafadz: Aina (fathah), Amsi (kasrah), Haitsu(domah), dan Mabni eharakat Sukun seperti Lafadz Kam. |
|
Alamat I’rab |
ÙَاÙْرَّÙْعَ ÙَاÙْÙَّصْبَ اجْعَÙَÙْ إعْرَابَا # ÙاسْÙÙÙ
ٍ ÙَÙِÙÙعْÙÙÙٍ ÙَØْÙÙُ ÙَÙْ Ø£َÙَÙÙÙÙÙابَا |
Jadikanlah sebagai I’rab Rofa’ dan Nashab untk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan Ahaba. |
ÙَاÙاسْÙ
ُ Ùَدْ Ø®ُصِّصَ بِاÙْجَرِّ ÙَÙ
َا # ÙَÙÙدْ Ø®ُصِّصَ اÙْÙِعْÙÙُ بِØ£َÙْ ÙَÙْÙجَزِÙ
َا |
Adapun isim spesial ber i'rab Jarr, sebagaimana jg Fi’il khusus ber I'ra Jazm. |
|
TANDA ASAL I’RAB |
ÙَارْÙَعْ بِضَÙ
َ ÙَاÙْصِبَÙْ ÙَتْØَاً Ùَجُرْ # ÙَسْÙÙÙÙÙÙرَاً ÙَÙÙØ°ِÙْرُ اÙÙَّÙِ عَبْÙÙدَÙُ ÙَسُÙرْ |
Rofa’kanlah olehmu dgn tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur. |
ÙَاجْزِÙ
ْ بِتَسْÙِÙْÙٍ ÙَغَÙْرُ Ù
َا Ø°ُÙِرْ # ÙَÙُÙÙÙْبُ ÙَØْÙُ جَا Ø£َØ®ْÙÙ٠بَÙِÙ ÙَÙ
ِÙÙرْ |
Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun. Selain tanda-tanda yg telah disebut, merupakan penggantinya. Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir. |
TANDA I’RAB ASMAUS SITTAH |
ÙَارْÙَعْ بِÙÙÙَاÙٍ ÙَاÙْصِبَÙَّ بِاÙØ£َÙِÙْ # Ùَاجْرُرْ بِÙَاءٍ Ù
َا Ù
ِÙَ اÙØ£َسْÙ
َا Ø£َصِÙْ |
Rofa’kanlah dgn Wau, Nashabkanlah dgn Alif, dan Jarrkanlah dgn Ya’, untk Isim-Isim yg akan aku sifati sebagai berikut (Asmaus Sittah): |
Ù
ِÙْ Ø°َاÙَ Ø°ُ٠إِÙْ صُØْبَØ©ً Ø£َبَاÙَا # ÙَاÙْÙَÙÙÙÙÙÙÙ
ُ ØَÙْØ«ُ اÙْÙ
ِÙْÙ
ُ Ù
ِÙْÙُ بَاÙَا |
Diantara Isim-Isim itu (Asmaus Sittah) adlh Dzu jika difahami bermakna Shahib (yg memiliki), dan Famu sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya. |
Ø£َبٌ آخٌ ØَÙÙÙÙ
ٌ ÙَÙÙÙØ°َاÙَ ÙَÙَÙÙÙÙُ # ÙَاÙْÙَّÙْصُ ÙِÙ ÙØ°َا اÙØ£َØ®ِÙْرِ Ø£َØْسَÙُ |
Juga Abun, Akhun, Hamun, demikian jg Hanu. Tapi dii’rab Naqsh untk yg terakhir ni (Hanu) adlh lebih baik. |
ÙَÙِ٠أَبٍ ÙَتَÙاÙِÙَÙْÙِ ÙَÙْÙÙÙدُرُ # ÙَÙَصْرُÙَا Ù
ِÙْ ÙَÙْصِÙِÙَّ Ø£َØ´ْÙَرُ |
Dan untk Abun berikut yg mengiringinya (Akhun dan Hamun) jarang diri’rab Naqsh, sedangkan dii’rab Qoshr malah lebih masyhur daripada I’rab Naqshnya. |
ÙَØ´َرْØ·ُ Ø°َا اÙإعْرَابِ Ø£َÙْ ÙُضَÙْÙَ Ùاَ # ÙِÙْÙَÙÙا ÙَÙÙجَا Ø£َØ®ْÙÙ٠أَبِÙْÙÙÙÙَ Ø°َا اعْÙÙÙتِÙاَ |
Syarat I’rab ni (Rafa’ dg wau, Nasha dg Alif, dan Jarr dg Ya’ pd Asmaus Sittah) harus Mudhaf kepada selain Ya’ Mutakallim. Seperti: Jaa Akhu Abiika Dza-’tilaa. |
TANDA I’RAB ISIM TATSNIYAH DAN MULHAQNYA |
بِاÙØ£َÙِÙِ ارْÙَع اÙْÙ
ُØ«َÙَّÙ ÙَÙِÙاَ # إذَا بِÙ
ُÙÙÙضْÙ
َرٍ Ù
ُضَÙÙاÙَاً ÙُصِÙاَ |
Rafa’kanlah! dgn Alif terhadap Isim Mutsanna, jg lafadz Kilaa apabila tersambung langsung dgn Dhomir, dgn menjadi Mudhof. |
ÙِÙْتَا ÙَØ°َاÙَ اثْÙَاÙِ ÙَاثْÙَتَاÙِ # ÙَابْÙَÙÙÙْÙِ ÙَابْÙَتَÙْÙÙÙِ ÙَجْÙÙرِÙَاÙِ |
Juga (Rofa’ dg Alif) lafadz Kiltaa, begitupun jg lafadz Itsnaani dan Itsnataani sama (I’rabnya) dgn lafadz Ibnaini dan Ibnataini keduanya contoh yg dijarrkan. |
ÙَتَØ®ْÙُÙُ اÙْÙَا Ùِ٠جَÙ
ِÙْعِÙَا اÙØ£َÙِÙْ # جَÙÙÙÙرًّا ÙَÙَصْÙÙÙبَاً بَعْدَ ÙَتْÙÙÙØٍ Ùَدْ Ø£ُÙِÙْ |
Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’) pd semua lafadz tsb (Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jarr dan Nashabnya, terletak setelah harkat Fathah yg tetap dipertahankan. |
TANDA I’RAB JAMAK MUDZAKKAR SALIM DAN MULHAQNYA |
ÙَارْÙَعْ بِÙَاÙٍ ÙَبِÙَا اجْرُرْ ÙَاÙْصِبِ # سَÙÙÙÙÙÙÙÙاÙِÙ
َ جَÙ
ْعِ عَÙÙÙÙÙÙÙÙاÙ
ِرٍ ÙَÙ
ُØ°ْÙِبِ |
Rofa’kanlah dgn Wau!, Jarrkan dan Nashabkanlah dgn Ya’! terhadap Jamak Mudzakkar Salim dari lafadz ‘Aamir dan Mudznib |
ÙَØ´ِبْÙِ Ø°َÙْÙِ ÙَبِÙِ عِØ´ْرُÙْÙَا # ÙَبَابُÙÙÙÙُ Ø£ُÙْØِÙÙÙَ ÙَاÙØ£َÙْÙÙÙÙÙُÙْÙَا |
....dan yg serupa dgn keduanya ni (Aamir dan Mudznib, pd bait sebelumnya). Dan lafadz ‘Isyruuna dan babnya, dimulhaqkan kepadanya (I’rab Jamak Mudzakkar Salim). Juga lafadz Ahluuna |
Ø£ÙْÙُÙ ÙَعَاÙَÙ
ُÙْÙَ عِÙِّÙّÙÙَا # ÙَØ£َرْضُÙÙÙÙْÙَ Ø´َØ°َّ ÙَاÙْسِّÙÙُÙْÙَا |
Juga lafadz Uluu, ‘Aalamuuna, ‘Illiyyuuna dan lafazh Aradhuuna adlh contoh yg syadz (paling jauh dari definisi Jamak Mudzakkar Salim). Juga Lafadz sinuuna.... |
ÙَبَابُÙُ ÙَÙ
ِØ«ْÙَ ØِÙْÙٍ ÙَÙدْ Ùَرِدْ # Ø°َا اÙْبَابُ ÙَÙْÙَ عِÙْدَ ÙَÙْÙ
ٍ ÙَØ·َّرِدْ |
...dan babnya. Terkadang Bab ni (bab sinuuna) ditemukan dii’rab semisal lafadz Hiina (dii’rab harkat, dgn tetapnya ya’ dan nun) demikian ni ditemukan pd suatu kaum (dari Ahli Nawu / orang Arab) |
ÙَÙُÙْÙَ Ù
َجْÙ
ُÙْعٍ ÙَÙ
َا بِÙِ اÙْتَØَÙْ # ÙَاÙْÙÙتَØْ ÙَÙَÙÙÙَّ Ù
َÙْ بِÙَÙÙسْرِÙِ ÙَØ·َÙÙÙْ |
Fathahkanlah! harakah Nunnya Kalimat yg dijamak Mudzakkar Salim dan Mulhaqnya. Ada segelintir orang bercakap-cakap dgn mengkasrahkannya. |
ÙَÙُÙْÙُ Ù
َا Ø«ُÙِّÙَ ÙَاÙْÙ
ُÙْØَÙِ بِÙْ # بِعَÙÙÙÙْسِ Ø°َاÙَ اسْتَعْÙ
َÙُÙْÙُ ÙَاÙْتَبِÙْ |
Adapun Nunnya Kalimat yg ditatsniyahkan dan Mulhaqnya, adlh terbalik (Harakah Nun dikasrahkan). Semuanya mengamalkan demikian, maka perhatikanlah! |
TANDA I’RAB JAMAK MU’ANNATS SALIM DAN MULHAQNYA |
ÙَÙ
َا بِتَÙÙÙا ÙَØ£َÙِÙÙÙٍ ÙَÙÙدْ جُÙ
ِÙÙعَا # ÙُÙْسَرُ Ùِ٠اÙْجَرِّ ÙَÙِ٠اÙÙَّصْبِ Ù
َعَا |
Setiap Kalimah yg dijamak dgn tambahan Alif dan Ta’ (Jamak Muannats Salim) tanda Jarr dan Nashabnya sama dikasrohkan. |
ÙَØ°َا Ø£ُÙْÙاَتُ ÙَاÙَّØ°ِ٠اسْÙ
َاً Ùَدْ جُعِÙْ # ÙَÙÙÙÙØ£َØ°ْرِعَÙÙاتٍ ÙِÙÙÙْÙِ Ø°َا Ø£َÙْÙÙضَاً ÙُÙÙبِÙْ |
Begitu jg (Dii’rab seperti Jamak Muannats Salim) yaitu lafadz Ulaatu. Dan Kalimah yg sungguh dijadikan sebuah nama seperti lafadz Adri’aatin (nama tempat di Syam) yg demikian ni jg diberlakukan I’rab seperti Jamak Mu’annats Salim. |
TANDA I’RAB ISIM YANG TIDAK MUNSHORIF |
Ùَجُرَّ بِاÙْÙَتْØَØ©ِ Ù
َا Ùاَ ÙَÙْصَرِÙْ # Ù
َا ÙَÙ
ْ ÙُضَÙْ Ø£َÙْ ÙَÙُ بَعْدَ Ø£َÙْ رَدِÙْ |
Setiap Isim yg tak Munshorif dijarrkan dgn Harakah Fathah, selama tak Mudhof / tak jatuh sesudah AL. |
TANDA I’RAB AF’ALUL KHOMSAH |
ÙَاجْعَÙْ ÙِÙَØْÙِ ÙَÙْعَÙاَÙِ اÙْÙُّÙْÙَا # رَÙْÙÙÙعَاً ÙَتَدْعِÙÙÙْÙَ ÙَتَسْÙÙÙÙÙØ£َÙُÙÙَا |
Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’ untk contoh Kalimah-kalimah yg seperti lafadz ÙÙعÙا٠(Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz تدعÙÙ (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسأÙÙÙ (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak). |
ÙَØَØ°ْÙُÙَا ÙِÙْجَزْÙ
ِ ÙَاÙْÙَّصْبِ سِÙ
َÙْ # ÙَÙÙÙَÙ
ْ تَÙُÙÙÙÙÙْÙِÙ ÙِتَرُÙْÙ
ِÙ Ù
َÙÙÙظْÙَÙ
َÙْ |
Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya, yaitu dgn membuang Nun. seperti contoh َÙÙ
ْ تَÙُÙÙÙÙÙْÙِÙ ÙِتَرُÙْÙ
ِÙ Ù
َÙÙÙظْÙَÙ
َÙْ |
TANDA I’RAB ISIM MU’TAL (ISIM MAQSHUR DAN ISIM MANQUSH) |
ÙَسَÙ
ِّ Ù
ُعْتَÙاًّ Ù
ِÙَ اÙØ£َسْÙ
َاءِ Ù
َا # ÙَاÙْÙ
ُصْØ·َÙَÙ ÙَاÙْÙ
ُرْتَÙَÙ Ù
َÙَارِÙ
َا |
Namailah! Isim Mu’tal, terhadap Isim-Isim yg seperti lafadz اÙْÙ
ُصْØ·َÙَÙ (Isim yg berakhiran huruf Alif) dan seperti lafadz اÙْÙ
ُرْتَÙَÙ Ù
َÙَارِÙ
َا (Isim yg berakhiran huruf Ya’). |
ÙَاÙØ£َÙَّÙُ اÙØ¥ِعْرَابُ ÙِÙْÙِ Ùُدِّرَا # جَÙ
ِÙْÙعُÙُ ÙَÙْÙَ اÙَّØ°ِÙ Ùَدْ Ùُصِرَا |
Contoh lafadz yg pertama (اÙْÙ
ُصْØ·َÙَÙ) Semua tanda I’rabnya dikira-kira, itulah yg disebut Isim Maqshur. |
ÙَاÙْØ«َّاÙِ Ù
َÙْÙُÙصٌ ÙَÙَصْبُÙُ ظَÙَرْ # ÙَرَÙْÙعُÙُ ÙُÙْÙÙÙَÙ ÙَØ°َا Ø£ÙْضَÙÙÙÙاً Ùُجَرْ |
Contoh lafadz yg kedua (اÙْÙ
ُرْتَÙَÙ) dinamakan Isim Manqush, tanda Nashabnya Zhohir. Tanda Rofa’ dan jg Jarrnya sama dikira-kira. |
TANDA I’RAB FI’IL MU’TAL |
ÙَØ£َÙُّ ÙِعْÙÙÙٍ آخِرٌ Ù
ِÙْÙُ Ø£َÙِÙْ # Ø£Ùْ ÙَاÙٌ Ø£Ùْ Ùَاءٌ ÙَÙ
ُعْتَÙاًّ عُرِÙْ |
Setiap Kalimah Fi’il yg akhirnya huruf illat Alif , Wau / Ya’, maka dinamakan Fi’il Mu’tal. |
ÙَاÙØ£َÙِÙَ اÙْÙِ ÙِÙْÙِ غَÙْرَ اÙْجَزْÙ
ِ # ÙَØ£َبْÙÙÙدِ Ùَصْبَ Ù
َا ÙَÙَدْعُÙ ÙَرْÙ
ِÙ |
Kira-kirakanlah! I’rab untk Kalimah Fi’il yg berakhiran Alif pd selain Jazmnya. Dan Zhohirkanlah! tanda nashab untk Kalimah Fi’il yg seperti ÙَدْعُÙ (Berakhiran huruf Wau) dan ÙَرْÙ
ِÙ(Berakhiran huruf Ya’)... |
ÙاÙرَّÙعَ ÙÙÙÙ
ا اÙْÙِ ÙاØØ°ِÙْ جازِÙ
َا # Ø«ÙÙÙاثَÙÙÙÙُÙَّ تَÙÙÙÙÙضِ ØُÙÙ
َÙÙا ÙازِÙ
َÙÙÙÙا |
dan kira-kirakanlah! tanda Rofa’ untk kedua lafadz (ÙَدْعُÙ dan ÙَرْÙ
ِÙ ). Buanglah (huruf-huruf illat itu) jika engkau sebagai orang yg menjazmkan ketiga Kalimah Fi’il Mu’tal tsb, maka berarti engkau memutuskan dgn Hukum yg benar. |
0 Response to "[Kitab Alfiyah] Bab Mu'rab dan Mabni (Terjemah Alfiyah Ibnu Malik)"
Posting Komentar