This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

PENJELASAN LENGKAP DAN MISTERI MENYERAMKAN YANG ADA DI GUNUNG ARJUNA DI JAWA TIMUR | KISAH MISTERI TERLENGKAP TERUPDATE TIAP HARI.


Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari - Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dlm nama kuna) gunung yg melengenda ni terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dgn ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Biasanya gunung ni dicapai dari tiga titik pendakian yg cukup dikenal yaitu dari Lawang,Tretes, dan Batu. Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

Gunung Arjuno bersebelahan dgn Gunung Welirang. Puncak Gunung Arjuno terletak pd satu punggungan yg sama dgn puncak gunung Welirang. Selain dari dua tempat di atas Gunung Arjuno dpt didaki dari berbagai arah yg lain. Gunung yg terletak di sebelah barat Batu, Jawa Timur ni jg merupakan salah satu tujuan pendakian. Di samping tingginya yg telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ni terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yg jg merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain, tetapi para wisatawan jarang yg mendatangi air terjun lainnya, mungkin karena letak dan sarana wisatanya kurang mendukung.

Gunung Arjuno mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit,hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous / hutan gunung. Gunung Arjuno dpt didaki dan berbagai arah, arah Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang,dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), jg dari Sumberawan, Singosari. Desa Sumberawan adalah desa pusat kerajinan tangan di kecamatan Singosari, Malang dan merupakan desa terakhir untk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian. Bisa jg melewati Purwosari yg lebih gampang dilewati, karena hanya setengah jam dari jalan raya dan langsung sampai di Tambak watu.
Namun, konon untk mendaki Gunung Arjuna tersebut harus berhati-hati. karena menurut cerita masyarakat gunung Paling Angker di Indonesia ni jg banyak pendaki yg tersesat dan tak bisa pulang kembali. Berikut saya akan berbagi tentang legenda mistis yg ada di Gunung Arjuna tersebut :
I. ARJUNA.
Penjelasan lengkap dan Misteri Menyeramkan yang ada di Gunung Arjuna di Jawa Timur | Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari.
Foto wayang arjuna
Konon, Arjuna pernah melakukan pertapaan di sebuah gunung dgn sangat khusyuk semala berbulan-bulan. Kemudian tubuhnya mengeluarkan sinar dan memiliki kekuatan yg luar biasa, hingga membuat Kahyangan kacau. Kawah Condrodimuko menyemburkan laharnya, bumi berguncang, petir menggelegar di siang hari, hujan turun dan menimbulkan banjir, dan gunung tempat Arjuna bertapa terangkat ke langit.

Para Dewa yg khawatir, maka melakukan tindakan untk menghentikan pertapaan dari Arjuna tersebut. Kemudian Batara Ismaya diturunkan ke bumi dgn menjelma menjadi Semar. Dengan kesaktiannya, Semar memotong puncak gunung tempat Arjuna bertapa dan melemparkannya ke tempat lain.

Kemudian Arjuna terbangun dari pertapaannya dan mendapat nasehat dari Semar untk tak melakukan pertapaan lagi. Kemudian tempat pertapaan tersebut disebut Gunung Arjuna, dan potongannya diberi nama Gunung Wukir.
II. PENTILASAN
Penjelasan lengkap dan Misteri Menyeramkan yang ada di Gunung Arjuna di Jawa Timur | Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari.
Gambar pentilasan gunung arjuno
Di Gunung Arjuna terdapat banyak situs-situs petilasan peninggalan Kerajaan Majapahit dan Singasari. Beberapa petilasan tersebut yaitu, petilasan Eyang Antaboga, Eyang Abiyasa, Ayang Sekutrem, Eyang Sakri, Eyang Semar, Eyang Sri Makutharama dan petilasan Sepilar. Menurut mitos, petilasan-petilasan tersebut dijaga oleh Bambang Wisanggeni yg merupakan anak dari Arjuna dgn Bathari Dresanala.

Petilasan-petilasan tersebut digunakan orang zaman dahulu untk melakukan pertapaan. Masyarakat percaya, orang yg melakukan pertapaan tersebut muksa (menghilang dgn jasadnya). Orang-orang muksa tersebut dipercaya masih berada di tempat tersebut dan menjaga tempat tersebut hingga waktu yg tak diketahui.
III.PASANG DIENG.
Penjelasan lengkap dan Misteri Menyeramkan yang ada di Gunung Arjuna di Jawa Timur | Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari.
Pasar dieng di gunung arjuno
Di wilayah pendakian menuju puncak Gunung Arjuna, dipercaya terdapat Pasar Dieng / biasa disebut pasar hantu. Di areal Pasar Dieng tersebut terdapat makam para pendaki yg pernah meninggal di tempat tersebut. Wilayahnya yg datar dan luas merupakan areal yg cocok dijadikan sebuah pasar.

Konon, pernah ada pendaki yg membuka tenda di wilayah Pasar Dieng tersebut untk bermalam sebelum menuju puncak. Pada malam hari, ia dikejutkan dgn suasana ramai di luar tendanya, dan ia melihat sebuah pasar yg sangat ramai. Pendaki tersebut dikabarkan berkeliling pasar dan membeli sebuah jaket.

Kemudian ia kembali ke tenda, dan besok pagi ketika ia bangun; wilayah sekitar tendanya sepi tak ada orang satu pun dan tak ada bekas-bekas pasar. Jaket yg dibelinya masih ada, namun uang kembalian yg diberikan oleh pedagang pasar tersebut berubah menjadi daun.
IV. ALAS LALI SONGO.
Penjelasan lengkap dan Misteri Menyeramkan yang ada di Gunung Arjuna di Jawa Timur | Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari.
Foto alas lali songo
Sebelum mencapai puncak Gunung Arjuna, terdapat tempat yg disebut oleh masyarakat sebagai Alas Lali Jiwo / berarti hutan lupa diri. Menurut kepercayaan setempat, orang yg mempunyai niat jahat, jika melewati daerah tersebut akan tersesat dan lupa diri.

Menurut ahli spiritual, daerah tersebut memang banyak dihuni oleh para jin. Para pendaki kadang mendengar suara gamelan dan kemudian menghilang. Konon pendaki tersebut dibawa untk dikawinkan dgn bangsa jin daerah tersebut.

Menurut mitos, para pendaki jg tak boleh melanggar beberapa larangan, seperti pendaki tak boleh berjumlah ganjil, tak boleh memakai baju merah (warna merah dominan), dan tak merusak situs-situs petilasan Kerajaan Majapahit yg tersebar di area pendakian Gunung Arjuna tersebut.
V. ACARA NGUNDUH MANTU.
Penjelasan lengkap dan Misteri Menyeramkan yang ada di Gunung Arjuna di Jawa Timur | Kisah misteri terlengkap terupdate tiap hari.
Foto Acara Ngunduh Mantu
Cerita mistis di Gunung Arjuna memang kerap terdengar dan sudah menjadi bahan pembicaraan masyarakat sekitar, seperti tentang adanya lantunan musik Ngunduh Mantu. Para pendaki / penambang belerang kadang mendengar Ngunduh Mantu, yaitu suara gamelan Jawa untk acara pernikahan.

Menurut masyarakat, jika mendengar Ngunduh Mantu maka lebih baik tak meneruskan pendakian ke puncak Gunung Arjuna tersebut; karena jika memaksa meneruskan pendakian maka si pendaki biasanya akan tersesat dan hilang.

0 Response to "PENJELASAN LENGKAP DAN MISTERI MENYERAMKAN YANG ADA DI GUNUNG ARJUNA DI JAWA TIMUR | KISAH MISTERI TERLENGKAP TERUPDATE TIAP HARI."

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *