This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

TOPOLOGI JARINGAN WIFI 95353

Wifi punya 2 jenis topology utama, yaitu infrastruktur dan adhoc. Adhoc memungkinkan sebuah jaringan wifi untk berfungsi tanpa harus ada router wireless ataupun access point. Mode Adhoc adalah sebuah metode yg memungkinkan piranti wireless yg berada di jangkauan sinyal untk berkomunikasi secara peer to peer tanpa melibatkan access point.



Tiap adaptor wireless diset terlebih dahulu ke mode Adhoc dan bukannya di mode infrastruktur. Semua adaptor wireless harus di set menggunakan satu nama SSID dan chanel yg sama. Jaringan Ad hoc ni dpt digunakan untk sekelompok piranti yg berdekatan posisinya namun ketika piranti yg tergabung ke AdHoc ni bertamabah maka performa akan berkurang kemudian jaringan AdHoc tak bisa bridge ke Jaringan Berkabel / jaringan Internet, tanpa menginstall gateway tertentu.
Topologi Jaringan Wifi
Dengan adanya metode AdHoc maka kita tak perlu memerlukan router / access point kemudian seseorang bisa membuat jaringan ad-hoc tanpa harus ada satu lokasi utama sebagai sentral. Desain jaringan ni sangat fleksibel sehingga sulit untk diamankan diabandingkan jaringan yg punya komponen utama seperti router / access point. Wifi ad-hoc mendukung 11 Mbps, sementara jaringan wifi lainnya bisa mendukung sampai 54 Mbps Standart wifi termasuk 802.11 g mensyaratkan bahwa mode ad-hoc hanya mendukung maksimal 11 Mbps, piranti yg mendukung 54 Mbps / lebih tinggi di mode infrastruktur tak akan bisa dimanfaatkan secara maksimal di mode ad-hoc.
WiFi ad-hoc memiliki keamanan yg sangat minim dibandingkan koneksi lain sehingga para pengganggu seperti cracker dgn mudah bisa tergabung ke koneksi ad-hoc jika dlm jangkauan sinyal.
Indikator kekuatan sebuah sinyal yg bisa diakses ketika menghubungkan diri ke mode infrastruktur tak bisa di access di mode ad-hoc maka ketika kita mencoba untk memposisikan ulang untk memperoleh sinyal yg lebih baik akan sedikit sulit.
Setiap Node/Komputer yg terdapat pd jaringan ad-hoc berperan sebagai pengirim dan penerima data dan jg punya fungsi yg sama seperti layaknya sebuah router oleh karena itu dperlukan routing protocol dlm jaringan ad-hoc untk dpt menunjang proses mengirim dan menrima antar node. Jaringan ad-hoc memiliki beberapa karakteristik diantaranya :
Limited resources : Jaringan ad-hoc dibatasi oleh masalah daya dan kapasitas memori
Multiple wireless link : Setiap node yg mempunyai sifat mobility dpt memiliki beberapa interfaces yg terhubung ke node lainnya
Dynamic topology : Sifat node yg mobile, sehingga topologi jaringanya dpt berubah secara random/acak oleh sebab itu routing protocol mempunyai masalah yg lebih kompleks dibandingkan dgn jaringan wired dgn node yg tetap.

Infrastruktur
Di mode infrastruktur kita membutuhkan access point (AP) Wireless. Untuk dpt teragbung ke sebuah WLAN maka AP dan piranti client wireless lain terlebih dahulu dikonfigurasi untk mendapatkan SSID yg sama. AP bisa dihubungkan ke jaringan berkabel agar client dpt mengakses service yg terdapat dlm jaringan. Jika ingin menambah jangkauan infrastruktur maka AP tambahan bisa ditambahkan. Mode infrastruktur memiliki banyak kelebihan dibandingkan di mode ad-hoc dari kecepatan, jangkauan dan kecepatan yg lebih kencang namun untk membuat jaringan wifi dgn topologi infrstruktur membutuhkan biaya yg tak sedikit karena kita harus mengeluarkan biaya untk membeli Access Point.
Kemanan wireless untk rumah dan bisnis kecil sangat diperhatikan, jaringan wireless yg tak terjaga dpt di curi koneksi internetnnya tanpa sepengetahuan pemilik jaringan karena media tranmisi radio yg merupakan media tranmisi tak bisa dibatasi maka hal tersebut bisa terjadi. Untuk itu sebuah kemanan di jaringan wireless perlu diperhatikan
WEP & WPA
Wireless Enkription Protocol / WEP bisa mengenkripsi lalu lintas jaringan secara matematis sehingga bisa membantu keamanan data. WEP masih memiliki kelemahan dan munculah versi barunya yaitu WPA. WPA Wifi Protected access (WPA) dpt mengenkripsi sebuah data dan hanya penerima saja yg dpt membaca data tersebut.
Dengan cara ni diharapkan jaringan komputer tak mudah disusupi oleh orang - orang yg tak bertanggung jawab walaupun semua itu tak menjamin “Tidak ada orang yg 100% dlm keamanan dan jika ada yg berkata sebaliknya itu bohong, Kevin Mitnick”.
Topologi Jaringan Wifi Topologi jaringan komputer mengacu pd pengertian bentuk, tata letak jaringan komputer. type Topology token ring /cincin, bus, hybrid, mesh, tree, pohon, star Jika dalam jaringan komputer konvensional atau jaringan kabel dikenal dengan berbagai jenis topologi jaringan, seperti Star, Ring, Bus, Tree dan sebagainya RT/RW Net a dal ah suatu konsep jaringan, dimana bandwidth yang ditangkap oleh antene wavelan, kemudian disalurkan kepada tetangga di rumah lai n berjarak

source : http://docstoc.com, http://log.viva.co.id, http://root93.blogspot.com

0 Response to "TOPOLOGI JARINGAN WIFI 95353"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *