This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

EMANG WANITA HARUS BISA MASAK? 93071

Assalamualaikum ^^
Hari ni entah kenapa pengen ngobrolin tentang wanita. Mungkin karena apa yg dipikirin di kepala udah penuh, jadi mending ditumpahin di blog kali ya? Hihihi anyway blogpost ni akan saya bagi menjadi dua bagian. Bagian pertama akan membahas tentang pertanyaan-pertanyaan yg berkunang-kunang di otak tiap wanita karier / yg sibuk di luar rumah.
PENTING YA BISA MASAK? EMANG HARUS YA BISA BERSIHIN RUMAH? YAUDAH SANA NIKAH SAMA ASISTEN RUMAH TANGGA AJA!
Iya, saya jg sempet bertanya-tanya emangnya kalo udah nikah gitu wajib ya menguasai segala macam skill mengurus rumah? Nah kalo gitu tujuannya nikah ama kita apa dong? nyari tukang masak apa gimana? Kalo kita kerja kantoran, gimana? blablabla, itu pertanyaan banyaakk banget kayak tumpukan utang #lah hahaahha :D
Kemudian, saya mencari jawabannya. Saya uraikan dulu dari akar masalahnya. Awal mula kenapa pertanyaan dan sanggahan-sanggahan seperti itu bermunculan. Untuk itu, case study nya saya sendiri ya :D
Saya usia almost 24 tahun, udah 5 tahun ngekos. Jangan ditanya, saya ni manjanya ampun! nyuci setrika? laundry an yg beresin. Makan? Ibu catering lah solusinya. Bersih-bersih rumah? kan ada yg bisa disuruh! Beres kan semua urusan? Saya ngapain? ya tidur kerja lah :D. FYI saya kerja dari jam 9-5sore, plus kerjaan tambahan biasanya sampe jam 8-9malem.
Alibi saya sih: Gak sempet! Hih beli aja praktis, di laundry aja mudah, nyuruh orang aja, bisa kok bayar! Nah, hal ni berbeda dgn Mama saya yg basically ibu rumah tangga. Mama saya mah bisa banget beresin kerjaan rumah cuma dlm sehari. Saya? boro-boro, mending kabur! hihihi.
Karena saya berpikir "yaudah sik bayar aja, orang saya jg kerja," akhirnya merasa 'gregetan' kalau ada orang bilang wanita kudu a b c d sampe z. Menyangkal? pastilah orang berseberangan sama hidup saya LoL. Bahkan jauh-jauh hari saya udah bilang sama calon suami "pokoknya nanti kamu kudu kasih aku IRT titik!" dan diamini.
Padahal...posisinya kalau sudah menikah nanti belum tentu jg saya masih kerja dari jam 9 pagi sampe jam 9 malem. Bisa lebih selow / lebih sibuk. Mudah-mudahan sih lebih selow ya :D. Tapi apakah lantas kalau saya udah gak kerja keras, saya kudu masak+bersih bersih rumah?
Secara logika wanita yg terbiasa kerja seperti saya, mengurus rumah dan masak adalah job orang lain. Tapi bukan berarti, kita tak paham ilmunya bukan? Jangan salah, meminta orang lain mengerjakan bukan berarti kita gak memantau loh. Tau posisi supervisor? kira-kira seperti itulah yg akan kita lakukan jika orang lain yg menghandle masak dan bersih bersih rumah serta nyuci setrika dan teman-temannya.
Saya pribadi banyak-banyak belajar mengenai ilmu gizi dan makan dgn benar. Mau masak tiap haripun tapi makanan yg di masak ga ada gizinya (misal tiap hari masak ayam melulu, gak sehat kan?) jg sayang. Mau jajan melulu asal keluarga kenyang dan makanannya enak tapi kita gak tau itu makanan sehat apa enggak, malah lebih kacau lagi.
Jadi, saya berusaha untk bisa mengerjakan dan bisa memantau. In case memang belum bisa bayar IRT, saya bisa masak yg enak+sehat, bisa cuci setrika dan beberes rumah. Atau in case saya sibuk luar biasa, saya bisa kasih mbak IRT list menu makanan yg sesuai dgn juklak gizi dan kesehatan. Jadi gak asal nyerah apa kata mbak IRT mau masak apa.
Nah tapi susahnya, di Endonesa tercinta ni masih banyak lelaki yg mikir kalo istri di rumah aja, urus keluarga. Bagi wanita yg biasanya kerja, stay di rumah kadang stuck dan bosan. Bagi para pria, mereka dgn sifat superiornya pengennya istri di rumah aja dandan tsakep nunggu mereka pulang. Budaya patriarki jg kadang membuat pikiran 'istri kok gak bisa masak, istri macam apa tuh?' karena jaman dulu emang seorang istri menghandle segala macam keperluan rumah tangga.
Tapi cobalah throw back sama diri sendiri. Pernahkah merindukan masakan Ibu? Pernahkah kangen rumah sampe pengen nangis? Pernahkah bermimpi punya suami yg seperti Ayah yg sayang banget sama Ibu?
Memori-memori itu tercipta dari mana? ya dari bagaimana Ibu kita menempatkan diri :) Mungkin Ibu masak tiap weekend, / membatasi untk gak pulang lebih dari jam 4 sore, / Ibu selalu memastikan rumah dlm keadaan bersih walau yg nyapu ngepel itu bibik di rumah.
So? Kita jg bisa kok kayak gitu ^^. Set skala prioritas dan know the limit aja sih menurut saya. Gak harus pinter masak ala chef Marinka tapi bikin nasi goreng favorit suami, bisa dong ^^ / ngajak si kecil main tiap sore, / bikinin kue favorit anak-anak. Hal-hal sederhana seperti itu sebenarnya bisa kita lakukan kalau mau berusaha :)
Jadi, bagi kaum lelaki. Percayalah bahwa calon-calon istri kalian itu punya sosok yg mereka contoh, yaitu Ibu mereka. Dan percayalah, wanita tak akan lari dari kodratnya :). Dan bagi wanita, yuk belajar menempatkan diri dan gak sibuk sama dunianya sendiri. Gak ada kata 'gak bisa kok' *ini ngomong sambil ngaca *dan menghipnotis diri sendiri*.
Laki-laki yg baik adalah yg menerima pasangannya apa adanya. Tapi apa adanya bukan berarti kita gak mau belajar jadi lebih baik kan? ;)
Ini full opini saya ya ^^ dan ni terjadi sama saya. Eksekusi pd tiap orang berbeda, namun buat saya Alhamdulilah ni sudah jadi solusi yg terbaik. :)
Emang Wanita Harus Bisa Masak?
next post : supporting husband.
Terimakasih sudah baca yaa ^^

0 Response to "EMANG WANITA HARUS BISA MASAK? 93071"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *