Facebook, siapa sich yg tak kenal? Hampir tiap hari orang-orang membuka dan mengakses layanan dari facebook ini. Perusahaan komunikasi seperti telkomsel, indosat,xl axiata, / axis pun melakukan promo besar - besaran terhadap tarif untuk ber-facebook-an ria. Pengguna facebook di Indonesia pun makin membengkak jumlahnya dari hari ke hari.
Dampak Terhadap MarketingBanyaknya pengguna facebook di Indonesia yg tak terbatas terhadap anak muda saja membuat banyak perusahaan melakukan branding melalui facebook. Mereka seringkali membuat iklan mengenai quiz, hadiah - hadiah, dan lain sebagainya. Hasilnya?? Sangat efektif sekali untuk media branding dlm waktu yg relatif singkat!
Maka tidaklah heran apabila banyak buku ataupun seminar - seminar mengenai kekuatan branding dari social media.
Mengapa Iklan di Facebook Lebih Efektif?Alasannya sederhana, simple, dan klasik. menurut saya karena jumlah pengguna yg sssaaaannngggaaattt banyak, iklan yg menarik, di iklan tersebut terdapat gambar dan teksnya. Gambar akan merangsang mata untuk melirik ke arah dimana iklan dipasang, sedangkan teks iklan untuk merangsang pengguna mengklik iklan tersebut. Well it is so simple but effective!
Indonesia Mulai Beralih Ke Tren Digital AdvertisingBerkat banyaknya pengguna facebook serta tarif internet yg terjangkau (jangan lupa jg menjamurnya warnet-warnet), sekarang tampaknya Indonesia mulai beralih ke tren digital, padahal sebelumnya Indonesia hanya menggunakan televisi sebagai media branding suatu produk. Namun sayangnya, perusahaan - perusahaan hanya tertarik melakukan iklan hanya menggunakan media facebook. Mereka belum dpt melihat potensi dari Blogger yg menjamur di mana - mana!
Kapan Blogger Akan Bangkit?Menurut saya Blogger Indonesia akan bangkit dan semakin marak apabila perusahaan dlm negeri jg mendukung pertumbuhan blogger Indonesia dgn melakukan branding produk mereka melalui media blogger / website Indonesia. Sepertinya untuk mendapatkan kepercayaan tersebut dari perusahaan dlm negeri dibutuhkan perusahaan besar yg sudah terkenal dlm bidang advertising untuk membuka kantor di Indonesia.
Saat itulah blogger akan bangkit dan membengkak jumlahnya. Namun, sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama untuk sampai pd momen tersebut. Google memang akan buka di Indonesia tapi entah kapan dech. Waktu saya mendaftarkan blog mizzu.net ni yg berbahasa Indonesia memang diterima tetapi adsense for content belum mendukung Bahasa Indonesia. Untuk perusahaan lokal jg masih sepi peminat advertisingnya namun bayarannya sudah melonjak semakin tinggi. Itu bergantung dari traffic / pun pagerank.
Well, mari kita tunggu kebangkitan blogger dan era digital Indonesia >_<
0 Response to "Iklan di Facebook Lebih Efektif!"
Posting Komentar