This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling

Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling 09.00 Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling Ade Irawan
Motor merupakan salah satu kendaraan yg sangat umum di beberapa tahun perkembangannya di Negara Indonesia ini. Berbagai jenis motor dari produsen terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan lainnya banyak mengeluarkan produk-produk motor unggulannya yg saat ni memang sangat marak. Berbagai macam hal jg timbul dari adanya ledakan pemakai motor yaitu polusi udara yg semakin meningkat. Oleh karena itu beberapa perusahaan jg telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan untuk kendaraan jenis roda dua mereka.
Jenis motor dari produsen tersebut sangatlah beraneka ragam, ada yg berjenis matic yg saat ni memang banyak digunakan oleh kalangan wanita dan beberapa jg disukai oleh laki-laki. Namun tetap saja untuk kalangan lelaki sebagian besar tetap sangat menyukai jenis sport / yg biasa di sebut motor laki. Jenis motor sport ni memiliki cara pemakaian yg membutuhkan banyak pengalaman dalam mengendarai motor. Motor sport mempunyai hal penting yg perlu diperhatikan dalam pemakainnya, hal ni sangat dianjurkan untuk pemula agar tak menimbulkan hal-hal yg tak diharapkan. Tentu saja masalah tersebut sering dialami karena adanya sisterm operasi perseneling yg menggunakan kopling manual.
Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling
Kopling manuar merupakan salah satu khas yg dimiliki motor sport / motor laki. Dan hal ni sebenarnya jg yg disukai oleh pengendara motor laki karena ada kopling manualnya sehingga pengendara motor sport dpt melakukan improvisasi dalam pemakaiannya. Namun untuk pemula mengendari motor kopling bukan merupakan perkara mudah. Harus banyak perlahan dan dimulai secara perlahan. Karena apa bila salah melakukan selah kopling maka motor tak dpt dikendalikan dan akan menyebabkan kecelakaan.
Mengejut merupakan salah satu ciri khas umum yg akan dialami oleh pengendara pemula motor sport. Selain itu perlu diketahui untuk rata-rata motor sport memiliki sistem rotari perseneling yg berbeda dgn motor biasa / motor bebek. Jika motor bebek memiliki sistem rotari maju untuk memindahkan gigi satu ke gigi berikutnya dan sistem rotari mundur untuk menurunkan gigi dari 4 ke 1 / netral maka sistem rotari perpindahan gigi pd motor laki sangatlah berbeda dgn motor bebek.
Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling
Cara memindahkan gigi motor kopling sangatlah berbeda. Motor kopling / motor laki biasanya menggunakan 5 tingkatan gigi dalam sistem rotarinya. Berikut ni akan saya jelaskan dgn beberapa tahapan agar lebih mudah.
  1. Untuk memindahkan gigi 1 dari posisi netral maka injaklah maju satu kali kedepan perseneling motro laki anda dan jangan lupa sebelum menginjak gigi maju ni terlebih dahulu anda tekan/tekam kopling motor anda dgn gas yg cukup dan jangan terlalu besar.
  2. Untuk memindahkan gigi 1 ke gigi 2 maka perhatikan bahwa gigi 2 tak anda dapatkan dgn menginjak ke depan pd kendali perseneling motor anda tapi injak / cukil gigi motor anda kebelakang secara penuh (karena apabila setengah maka akan netral).
  3. Untuk mendapatkan gigi 3, 4 dan lima maka lakukan sama dgn langkah 2 diatas. Namun untuk permasalahannya anda tak perlu terlalu kuat dalam memberikan injakan anda karena posisi netral motor laki ni hanya berada pd antara gigi 1 dan gigi 2.

Sebagai catatan disamping 3 hal penting diatas adalah sebagai berikut :
  1. Untuk melakukan perpindahan gigi / perseneling makan kopling motor harus selalu ditekam sebelum menginjak perseneling dan melepaskan secara perlahan dgn kontrol gas yg sesuai, kemudian baru melepaskannya.
  2. Ulangi catatan pertama diatas untuk langkah-langkah pemindahan gigi berikutnya meskipun.

Demikianlah cara memindahkan gigi motor kopling dgn cara mudah yg dpt dijeskan, semoga dpt membantu anda sebagai pemula dalam memiliki motor kopling agar cepat berpengalaman menggunakan motor anda. Anda akan cepat bisa apabila anda banyak melakukan praktik dan terus menambah pengalaman anda dgn terus mencoba.

0 Response to "Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *