This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai - Daging Sapi

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
gbne.blogspot.com - Hasil bersih-bersih freezer yg saya lakukan semalam membuat saya takjub sendiri, tanpa terduga saya menemukan segepok fillet ikan gindara yg membeku disana. Saking seringnya saya menumpuk bahan makanan di freezer membuat saya terkadang terlupa, benda apa sajakah gerangan yg mendekam disana. Seingat saya, fillet ini diberikan oleh adik saya Wiwin sekitar sebulan yg lalu. Potongan daging ikan berwarna putih ni sedap untk diolah menjadi aneka makanan tapi kali ni saya akan mewujudkan satu resep yg sudah lama saya idam-idamkan untk dicoba, tod man pla. Makanan a la Thai ni terbuat dari daging ikan yg digiling hingga halus dan dicampurkan dgn aneka bumbu dan digoreng hingga matang. Sebenarnya mirip-mirip dgn otak-otak khas Tanjung Pinang yg pernah saya posting sebelumnya disini, yg membuatnya berbeda otak-otak dibungkus dgn daun kelapa / daun pisang dan dipanggang sedangkan tod man pla proses memasaknya seperti perkedel. Tapi untk rasanya, kedua makanan ni super gurih, spicy dan sangat lezat.

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la ThaiTod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Tod man pla merupakan makanan yg sangat populer di Thailand dan banyak dijajakan oleh para street vendor. Sayangnya jarang disajikan sebagai salah satu menu di restoran khas Thailand di Jakarta. Tapi beberapa bulan yg lalu saya pernah mengunjungi salah satu restoran Thailand di Setiabudi Building, dan cukup surprised ketika spicy fish cake ni tertera di daftar resep. Tidak mau melewatkan kesempatan langka ini, saya dan Meta langsung memesannya. Rasanya gurih sedikit pedas dgn rasa ikan dan bumbu yg kuat. Untuk membuat tod man pla, anda memerlukan daging ikan yg berwarna putih, karena itu jenis ikan tuna, kakap, tengiri, gindara bisa menjadi pilihan. Selain ikan, ternyata daging ayam pun umum untk dipergunakan. Karena saya ingin membuatnya sekaligus dlm jumlah yg banyak sedangkan fillet gindara yg saya miliki hanya seberat 300 gram maka saya pun menambahkan dada ayam untk dihaluskan bersama daging ikan di chopper andalan. Tidak ada ikan sama sekali di kulkas anda? Maka gunakan daging ayam semua sebagai bahannya.

Untuk menghasilkan adonan yg pekat dan lengket sehingga mudah dibentuk dan tak buyar kala digoreng maka anda harus menggiling daging ikan dan ayam hingga halus, pekat dan menyerupai pasta. Mirip-mirip seperti ketika hendak membuat bakso. Kondisi ni membuat anda tak perlu menambahkan tepung / telur ke dlm adonan karena adonan telah menggumpal dgn kuat dan mudah dibentuk dan sama sekali tak hancur kala digoreng. Anda bisa menggunakan chopper atau food processoruntuk proses menghaluskan ini.

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Kekhasan tod man pla adlh pd bumbu yg dipergunakan, umumnya menggunakan pasta kari merah a la Thai yg memberikan warna kemerahan dan rasa yg sedikit pedas. Saya mengganti pasta kari merah instan ni dgn bahan-bahan segar yg saya blender hingga halus, jadi jika anda telah memiliki bumbu kari merah instan di dapur maka anda bisa langsung menggunakannya dan skip saja bumbu halus yg saya pergunakan di bawah. Ingin cita rasa yg lebih pedas? Tambahkan porsi cabai yg saya pergunakan karena terus terang menurut saya porsi cabai yg ada di resep kurang memberikan rasa pedas yg nendang seperti yg saya inginkan.

Selain pasta kari merah maka fish sauce atau biasa kita sebut sebagai kecap ikan jg biasa digunakan sebagai salah satu bumbunya. Anda bisa membelinya di supermarket besar di bagian bumbu-bumbu instan dlm aneka merk dgn harga yg tak mahal. Fish sauce memberikan rasa dan aroma fishy yang unik di dlm masakan.Tidak ada fish sauce dan sulit menemukannya di sekitar lingkungan rumah anda? Skip saja dan gunakan 1/2 sendok teh terasi di dlm bumbu halus yg anda gunakan di resep.

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Bahan lain yg digunakan di dlm tod man pla selain ikan dan ayam adlh rajangan halus kacang panjang. Saya menggunakan buncis muda sebagai penggantinya. Rajangan buncis ni hanya sebagai penghias di makanan ni jadi jangan menambahkan terlalu banyak rajangan buncis ke dalamnya, alih-alih perkedel ikan yg anda hasilkan tetapi justru bakwan sayuran yg hadir di meja makan. Nah semua bahan yg saya sebutkan di atas cukup dicampurkan menjadi satu, bersama dgn rajangan halus daun jeruk dan bahan lainnya hingga terbentuk adonan kemerahan yg siap digoreng. Biasanya tod man pla disantap sebagai makanan pembuka dgn acar ketimun sebagai pelengkapnya, tapi menurut saya perkedel ikan yg pedas dan tasty ni jg pas untk menemani sepiring nasi hangat. Untuk acar ketimun pendamping tod man pla, saya tak membuatnya tapi jika anda berminat maka resepnya saya sertakan di bawah agar bisa anda coba.

Yuk kita lihat resep dan proses pembuatannya.

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Tod Man Pla - Perkedel Ikan a la Thai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 30 buah perkedel

Tertarik dgn resep a la Thai lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Sup Ayam Asam Pedas a la Thai - Tom Yam Ghai
Singkong a la Thai
Tom Yam Seafood dalamKuah Susu

Bahan:
- 300 gram daging ikan berdaging putih (saya menggunakan fillet gindara, bisa menggunakan tuna, kakap, tengiri)
- 250 gram daging ayam
- 10 - 15 buah buncis muda (saya menggunakan baby buncis), rajang melintang setipis mungkin

Bumbu dihaluskan:
- 1/2 buah bawang bombay / 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 1 ruas jari jahe
- 4 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit merah
- 1/2 sendok teh kunyit bubuk
- 1/2 sendok makan ketumbar sangrai bubuk
- 1/4 sendok teh jintan bubuk

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun jeruk, tumpukkan dan gulung seperti rokok kemudian rajang halus
- 1 sendok teh cabai bubuk (optional), untk memberikan warna yg lebih merah
- 2 sendok makan kecap ikan/fish sauce(jika tak ada ganti dgn 1/2 sendok teh terasi yg dihaluskan)
- 1 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok makan gula palem bubuk / gula merah sisir
- 1/2 sendok makan air jeruk nipis

Bahan & bumbu acar ketimun (aduk menjadi satu):
- 1 buah ketimun, rajang kubus
- 3 buah cabai rawit merah rajang halus
- 2 buah bawang merah, rajang halus
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- 200 ml air

Cara membuat:

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Siapkan chopper atau food processor atau jika tak ada anda bisa menggunakan blender dry mill yang biasa untk menghaluskan bumbu dan biji-bijan. Masukkan daging ikan dan ayam ke dalamnya dan proses hingga halus dan menyerupai pasta pekat. Tuangkan pasta daging ke dlm mangkuk, sisihkan.

Menggunakan chopper/food processor bekas menghaluskan daging ikan, masukkan semua bumbu halus. Kemudian proses hingga halus.

Tuangkan bumbu yg telah dihaluskan ke dlm mangkuk berisi pasta ikan ayam, tambahkan buncis yg dirajang tipis, dan semua sisa bumbu lainnya. Aduk dgn spatula hingga rata. Cicipi rasanya. Jika anda tak tega mencicipi adonan mentah maka goreng seujung sendok teh adonan di minyak panas.

Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai
Siapkan wajan anti lengket, beri minyak agak banyak. Ambil satu sendok makan adonan, kemudian masukkan ke minyak panas sambil adonan dipipihkan dgn punggung sendok / spatula hingga melebar pipih. Goreng dgn api sedang hingga kedua permukaanya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Acar ketimun:
Aduk semua bahan jadi satu, sesuaikan rasanya, tambahkan gula, garam dan air jeruk nipis untk menyeimbangkan rasa.

Sajikan tod man pla dgn acar ketimun ketimun.

other source : http://okezone.com, http://log.viva.co.id, http://justtryandtaste.com

0 Response to "Tod Man Pla - Spicy Fish Cake a la Thai - Daging Sapi"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *