This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Komputer] Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar

Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar

gbne.blogspot.com - Pada artikel kali ni kami akan mencoba memberikan beberapa tips cara memperlakukan laptop dgn benar. Hal ni kami tulis berdasarkan pengalaman serta banyaknya kesalahpahaman pengguna laptop / notebook yg kami dapatkan sehari-hari. Tips di bawah ni akan membantu Anda merawat dan membuat notebook Anda menjadi lebih awet hingga dpt menemani Anda dlm waktu jangka lama.Selamat membaca dan menerapkan tips ni pd notebook Anda!

1. Cara Membawa
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Jangan membawa notebook dlm keadaan standby karena akan mempengaruhi hard disk Anda. Membawa notebook dlm keadaan standby akan merusak hard disk Anda. Hal ni disebabkan karena piringan hard disk Anda masih berputar, mata hard disk tak dlm posisi aman dan masih berada di atas piringan. Posisi ni akan membuat piringan hard disk Anda baret dan dpt mengakibatkan kerusakan dan kehilangan data. Walaupun begitu, hal ni tak berlaku untk noteboook yg menggunakan storage SSD.
2. Cara Menyimpan
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Cara menyimpan notebook mungkin merupakan hal yg sepele dan suka terabaikan oleh beberapa orang. Simpan notebook Anda pd tempat yg tak lembab dan usahakan simpan dlm kantong untk menghindari casing notebook Anda baret. Jangan lupa, letakkan notebook pd tempat yg datar. Jangan pernah menumpuk barang di atas notebook Anda ketika sedang tak digunakan. Tumpukan benda tersebut akan menekan layar LCD notebook dan mengakibatkan kerusakan pd layarnya dan yg terparah LCD retak. Selain itu, hindari notebook dari pancaran sinar matahari langsung. Hal ni akan membuat notebook Anda panas dan akan mengakibatkan beberapa komponen luar yg terbuat dari karet akan mengeras dan membuat casing Anda memudar warnanya.
3. Cara Menggunakan
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Hal ni tergantung kepada jenis notebook. Untuk netbook, usahakan penggunaannya tak menyimpang. Netbook diciptakan untk menjalankan aplikasi bawah seperti aplikasi office, aktivitas browsing, multimedia (musik, film non HD, editing foto ringan dan lain sebagainya), serta beberapa aplikasi lain yg tak menuntut kinerja tinggi. Sesuaikan aplikasi Anda dgn kinerja yg dpt diberikan oleh notebook. Jangan terlalu banyak meng-install aplikasi yg tak penting. Semakin banyak aplikasi yg ter-install, semakin lambat pula kinerja dari notebook Anda. Hal ni disebabkan karena kapasitas yg digunakan oleh hard disk semakin besar sehingga sistem operasi semakin sulit untk membacanya.

4. Cara Upgrade
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Tidak banyak yg bisa di upgrade pd notebook. Elemen yg Paling mudah di-upgrade hanya hard disk dan memory. Sebenarnya, Anda bisa meng-upgrade optical drive dan prosesor tetapi hal ni hanya berlaku pd beberapa notebook. Upgrade memori sendiri akan membuat kinerja notebook menjadi lebih baertenaga dan aplikasi akan menjadi lebih cepat terbuka. Satu hal yg perlu diingat adlh ketika melakukan upgrade memori, Anda jg harus sesuaikan dgn sistem operasi yg Anda gunakan. Sistem operasi 32bit hanya akan dpt membaca memori hingga 3GB. Sistem operasi 64bit dpt membaca memori lebih dari 3GB.
Hard disk. Biasanya pengguna akan meng-upgrade komponen ni karena kebutuhan akan kapasitas yg besar. Saat ino, kecepatan putar hard disk dibagi ke dlm dua jenis putaran, 5400RPM (Rotation Per Minute) dan 7200RPM. Namun, hard disk dgn kecepatan putar 7200RPM sukar sekali ditemukan di Indonesia. Keuntungan menggunakan hard disk dgn putaran tinggi adlh sistem operasi dan aplikasi Anda akan lebih responsif ketika Anda panggil. Anda sebenarnya dpt saja melirik SSD yg semakin lama semakin murah. Namun, kelemahan SSD adlh kapasitas yg tersedia masih kecil sehingga lebih cocok untk Anda yg sangat mobile. Dengan SSD, kemungkinan kerusakan penyimpanan data dan kehilangan data sangat kecil.
5. Cara Membersihkan
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Kebersihan layar LCD notebook sangat penting. Layar LCD yg kotor dgn berbagai noda dan cap tangan tak nyaman dilihat. Layar notebook yg bersih akan membuat Anda semakin nyaman beraktivitas dgn menggunakan notebook tersebut.
Untuk membersihkan casing Anda hanya memerlukan selembar kain lembut. Untuk noda yg sulit dibersihkan dpt diakali dgn menggunakan kain lembut. Kain tersebut dibuat dlm keadaan lembab lalu diusap. Setelah itu, bersihkan permukaan casing dgn kain yg kering. Pada bagian keyboard biasanya sering ditemukan debu. Untuk bagian ini, cukup gunakan blower dan kuas. Jangan menggunakan vacum cleaner bertekanan tinggi karena bisa membuat tuts keyboard Anda tercabut.
6. Cara Memperpanjang Masa Hidup Notebook
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
1. Setting Power Management
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
2. Memperbesar Kapasitas Memori (RAM)
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Hal ni untk mengurangi terjadinya pengaktifan virtual memory ke hard disk. Seperti kita ketahui, daya hard disk ketika melakukan putaran penuh akan lebih memakan daya dibandingkan dgn sebuah RAM / memory.

3. Melakukan Defrag System

Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Proses Defrag akan mempercepat waktu baca hard disk. Hal ni akan membuat hard disk bekerja dgn lebih efisien dan Anda dpt membuka aplikasi dgn lebih cepat.

4. Menurunkan KontrasMenurunkan kontras layar notebook akan mempengaruhi daya tahan hidup. Anda dpt menurunkan pd setting yg masih nyaman di mata, Biasanya, konfigurasi kontras layar ni sudah ada dlm setting Power Management. Namun, bila Anda kurang nyaman, Anda dpt menaikkan kontras beberapa level.

5. Matikan Proses/Program yg berjalan di background.Semakin banyak proses/program yg berjalan di background, semakin cepat pula baterai terpakai. Untuk itu, lebih baik matikan saja aplikasi yg berjalan di background. Anda dpt mematikan proses/program di background ni melalui Run->msconfig lalu pilih tab startup. Namum, pilihlah program yg akan dimatikan dgn bijak dan hati-hati.

6. Jangan Tinggalkan CD/DVD pd Optical Drive
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Sering kali kita lupa untk mengeluarkan CD dari optical drive. Hal ni akan membuat optical drive tetap memasok listrik untk perangkat tersebut. Bahkan, notebook terkadang akan memutar optical drive tanpa kita suruh. Hal ni cukup mengurangi daya baterai.

7. Lepas Perangkat dari USB portWalaupun hanya memakan daya kecil tetap saja, perangkat yg terkoneksi pd USB port (Flash disk, USB hard drive, dan sebagainya) akan mengurangi daya tahan hidup notebook Anda. Cabut bila perangkat tersebut tak lagi Anda gunakan.

8. Matikan Feature Konektivitas yg Tidak Perlu
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Matikan konektivitas Wi-Fi ataupun Bluetooth bila Anda sedang tak memerlukannya. Perangkat ni akan terus menerus mengirim sinyal yg dpt menguras daya tahan baterai. Misalnya Anda hanya memerlukan Wi-Fi, maka bluetooth bisa Anda matikan.

9. Pilih Mode Hibernate, bukan Standby

10. Hindari Praktik Multi-taskingSemakin banyak aplikasi yg dibuka, hard disk akan semakin sering bekerja. Hal ni akan memakan daya lebih besar dibandingkan ketika Anda menjalankan satu aplikasi.
11. Switching Graphics
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Bila notebook Anda mempunyai dual graphic dan harus memilih secara manual, jangan lupa untk mengubahnya dgn graphics yg lebih hemat daya.
12. Ganti Hard Disk dgn SSD
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Selain lebih sedikit memakan daya, SSD mempunyai waktu buka tutup aplikasi yg lebih cepat dan tak menghasilkan panas berlebih yg akan mempengaruhi komponen di sekitarnya.Semoga sejumlah tips di atas dpt membantu Anda menjaga daya tahan baterai ketika notebook sedang mobile. Bila Anda memiliki tips lain, silahkan tulis di bagian komentar. Kami akan terus menambahkan bila ada masukan dan saran dari Anda.
7. Cara Merawat Baterai
Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar
Sering sekali kami temukan kesalah pahaman untk masalah seputar baterai. Untuk itu , kami telah menyediakan artikel yg akan meluruskan permasalahan tersebut. Anda dpt membacanya lebih lanjut pd artikel Baterai notebook dipasang / dilepas?. Selain itu kami sarankan Anda selalu membersihkan kontak yg terbuat dari kuningan yg terdapat pd baterai dan notebook dgn menggunakan cotton bud dan contact cleaner.Sumber



7 Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yg Benar Anda sedang membaca artikel 7 Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yg Benar dgn url : /search?q=7%20cara%20memperlakukan%20laptopnotebook

other source : http://slideshare.net, http://sigit.in, http://google.com

0 Response to "[Komputer] Cara Memperlakukan Laptop/Notebook yang Benar"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *